This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Ikan Air Laut] Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah

Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
2ndgirls.blogspot.com - Tahun 2015 ni saya awali dgn resep yg simple, segar dan mudah dibuat. Walau mungkin resep ni kurang tepat dgn cuaca Jakarta dan sebagian besar wilayah Indonesia yg saat ni sedang diguyur hujan, tapi yg namanya manisan terutama manisan mangga muda tak ada matinya. Tetap menggugah selera disantap dlm kondisi apapun. Ada banyak versi manisan mangga yg mungkin sering anda lihat dan konsumsi di Indonesia, tapi jika anda berkujung ke Singapura / Malaysia maka anda pasti sering bertemu dgn manisan / es buah dgn tambahan kiamboy / asam boi sebagai salah satu bahan perasanya. Kiamboy sendiri merupakan manisan dari buah plum yg dikeringkan dan diberi tambahan perasa seperti garam dan gula. Rasanya asam, manis dan asin sehingga seringkali menjadi camilan saat perjalanan jauh untk mengurangi rasa mual dan 'eneg' di dlm kendaraan. Karena rasanya yg unik, maka menambahkan kiamboy akan membuat jus / manisan buah yg anda buat menjadi lebih segar dan nendang rasanya.

Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy MerahManisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
Bagi mereka yg tinggal di Batam / Tanjung Pinang dan sekitarnya maka kiamboy tentu bukan makanan asing lagi. Karena manisan ni begitu mudahnya ditemukan di toko / supermarket disana. Salah satu supermarket di Batam bernama Top 100 menyediakannya dlm kemasan besar dgn harga yg murah. Di Jakarta, jika anda berkunjung ke kawasan Pecinan seperti Glodok dan Mangga Dua maka manisan ni banyak diperjualbelikan di toko-toko di tepi jalan yg menjual aneka snack, buah kering dan kacang-kacangan. Toko buah seperti All Fresh yg cabangnya mulai banyak bermunculan dimana-mana jg menyediakan manisan dlm kemasan kecil dgn harga yg tentunya sedikit lebih mahal.

Ada dua jenis kiamboy yg umum anda temukan di pasaran, berwarna merah seperti yg saya gunakan kali ni / putih seperti yg pernah saya hadirkan di resep manisan belimbing wuluh. Anda bisa klik link menuju ke resep tersebut di bawah. Terus terang untk manisan mangga maka sebaiknya anda menggunakan jenis yg putih, karena kiamboy merah akan membuat buah yg anda gunakan menyerap warna merah tersebut dan membuatnya tampak sedikit 'menyeramkan'. Mungkin untk es / jus buah anda bisa menggunakan jenis kiamboy merah untk memberikan warna jus yg lebih menggugah selera.

Manisan Belimbing Wuluh - Cara Segar Menyiasati Buahnya yg Super Asam!

Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy MerahManisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
Karena sejak kecil tinggal di Tanjung Pinang maka kiamboy bukan merupakan makanan aneh bagi saya dan keluarga. Buah kering yg terasa asin dan asam ni telah menjadi snack sehari-hari, terutama saat menemani perjalanan sepulang sekolah. Sekolah Dasar saya jaraknya cukup jauh dari rumah dan harus ditempuh dgn berjalan kaki, dgn uang saku yg sangat pas-pasan maka saat pulang dipastikan perut kami dlm kondisi yg keroncongan berat. Biasanya sambil berjalan menyusuri jalan yg sepi, kami pun mengunyah asam boi bersama sebuah jambu bol / mangga muda yg rasanya super asam. Saat itu semua makanan asam terasa sedap di lidah, tapi kini baru saja membayangkannya telah membuat gigi terasa linu dan leher bergidik. ^_^

Okeh kembali ke resep manisan mangga muda yg kali ni saya hadirkan. Saya pernah membuat manisan mangga muda yg lain, versi tersebut merupakan resep andalan Ibu saya. Biasanya, jika musim mangga tiba di Paron, Ngawi, maka mangga muda pun membanjir di pasaran. Ibu saya akan rajin menyiangi dan memasaknya bersama gula dan cabai, merubah buah mangga muda yg jarang peminatnya itu menjadi manisan yg sedap. Manisan tersebut kemudian dibungkus ke dlm kantung-kantung plastik dan dibekukan di freezer. Ketika Ibu ke Jakarta, maka beliau akan membawanya sebagai oleh-oleh. Adik saya, Wiwin, merupakan penggemar utamanya. Manisan a la Ibu saya lebih menyita waktu dan membutuhkan proses yg agak lama untk membuatnya, tapi kelebihannya manisan bisa anda simpan di luar kulkas.

Manisan Mangga Muda

Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy MerahManisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
Nah ketika Heni, asisten rumah saya yg baru, datang dari kampungnya membawa banyak mangga muda, otak saya pun langsung berputar. Ada banyak resep yg menggunakan mangga muda sebagai bahannya, termasuk di dalamnya adlh sambal mangga dan salad mangga a la Thai. Tapi karena resep manisan ni sangat mudah dibuat dan saya memiliki banyak persediaan kiamboy, maka malam Minggu pun saya lewatkan dgn berkutat di dapur membuat manisan yg sedap ini. Semua bahan cukup anda aduk menjadi satu di dlm mangkuk yg besar. Jika anda ingin rasa yg ekstra pedas maka tambahkan porsi cabai di dlm resep. Cabai bisa anda tumbuk kasar / rajang halus seperti yg saya lakukan, cabai rawit yg berwarna jingga akan memberikan rasa yg lebih nendang dan tampilan yg menarik. Mengingat manisan ni tak mengandung pengawet dan tak diproses selayaknya manisan mangga muda a la Ibu saya yg pernah saya posting sebelumnya, maka sebaiknya anda simpan di chiller kulkas dlm wadah tertutup rapat sehingga kondisinya tetap baik dan segar.


Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
Ketika semua bahan telah diaduk rata, maka manisan bisa langsung anda santap saat itu juga, tapi menyimpannya selama beberapa hari di lemari pendingin akan membuat rasanya menjadi lebih sedap. Manisan bisa disantap begitu saja, / tambahkan potongan es batu, / seperti yg saya lakukan kemarin menyantap manisan mangga ni dgn sepiring nasi panas dan sepotong ikan bandeng goreng. Super yummy!

Berikut proses dan resepnya ya.

Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
Manisan Mangga Muda dgn Kiamboy MerahResep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 stoples kaca ukuran 500 ml.

Tertarik dgn resep manisan lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Manisan Mangga Muda
Manisan Jeruk Kumquat
Manisan Kulit Jeruk

Bahan: - 3 buah mangga muda, berat sekitar 600 gram. Iris memanjang tipis
- 5 - 8 buah cabai rawit merah, rajang halus / tumbuk kasar - 5 - 6 sendok makan gula pasir - 1/2 sendok makan garam - 50 - 100 ml air matang - 25 butir kiamboy merah / putih (jenis putih lebih direkomendasikan)

Cara membuat:

Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
Siapkan mangga muda, gunakan mangga yg masih mengkal dan keras. Kupas, cuci bersih dan iris tipis seperti gambar di atas. Masukkan irisan mangga ke dlm mangkuk yg agak besar. Tambahkan jg cabai rawit, gula, garam, air dan kiamboy. Aduk rata.

Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah
Note: Jangan menambahkan porsi air, karena ketika gula dan garam dimasukkan maka manisan akan mengeluarkan air lebih banyak.

Manisan bisa disantap saat itu juga, / untk hasil terbaik masukkan manisan ke dlm stoples dan simpan di kulkas. Setelah 2 hari manisan akan terasa lebih meresap rasa dan lezat. Karena manisan ni tak menggunakan pengawet dan kadar gula tak terlalu tinggi maka harus disimpan di chiller kulkas. Yummy!

0 Response to "[Ikan Air Laut] Manisan Mangga Muda dengan Kiamboy Merah"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *