This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

HEBAT, PEKALONGAN RAIH PREDIKAT KOTA KREATIF DARI UNESCO (KOTA PERTAMA DI INDONESIA)

2ndgirls.blogspot.com - H.bat, Pekalongan Raih Predikat Kota Kreatif dari UNESCO (Kota Pertama di Indonesia)
H. Basyir Ahmad, wali kota Pekalongan (foto: Jateng Time)
Fandinistic, Domestik - Kota Pekalongan memang sudah digadang-gadang menjadi Kota Kreatif bersama Bandung, Jogjakarta dan Denpasar. Dan wacana itu benar adanya, kemarin 3 Desember 2014, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, berhasil meraih predikat Kota Kreatif Dunia di bidang kerajinan dan kesenian rakyat dari Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Dunia, yakni UNESCO.

UNESCO merupakan organisasi yg mengatur mengenai kebudayaan, pendidikan serta di keilmuan. Organisasi tersebut bekerja di bawah naungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Sebelumnya, pd tahun 2009 silam, UNESCO telah mempatenkan Batik sebagai warisan budaya Indonesia.

Sementara itu, kabar mengenai kota Pekalongan yg mendapatkan predikat Kota Kreatif dari UNESCO, pertama kali diketahui oleh H. Basyir Ahmad, wali kota Pekalongan. Ia mengetahuinya setelah ia melihat di website resmi UNESCO bahwa Kota Pekalongan menjadi anggota jaringan Kota Kreatif Dunia.

Dan yg perlu diketahui bahwa Pekalongan adalah kota pertama di Indonesia yg berhasil meraih predikat Kota Kreatif Dunia versi UNESCO.

Selain itu, Pekalongan menjadi anggota baru dalam jaringan kota kreatif di bidang kerajinan dan kesenian tradisional bersama kota Jacmel (Haiti), Jingdezhen dan Suzhou (Tiongkok), dan Nassau (Bahamas).

Tentu, kabar ni menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat kota Pekalongan. Bahkan, menurut kabar yg kami terima bahwa Pemerintah Kota Pekalongan akan mengadakan syukuran agar masyarakat kota Pekalongan banyak yg mengetahui terkait kabar ini.

Selain menetapkan kota-kota kreatif di bidang kesenian, UNESCO jg menetapkan kota-kota yg meraih predikat sebagai kota kreatif di bidang desain, gastronomi, seni media, sastra, film, serta musik. Masing-masing, diantaranya adalah sebagai berikut.

Kota Kreatif Bidang Gastronomi

  1. Florianopolis (Brasil)
  2. Shunde (Tiongkok)
  3. Tsuruoka (Jepang)
Kota Kreatif Bidang Musik
  1. Hamamatsu (Jepang)
  2. Mannheim dan Honover (Jerman)
Kota Kreatif Bidang Desain
  1. Bilbao (Spanyol)
  2. Curitiba (Brasil)
  3. Dundee (Inggris Raya)
  4. Helsinki (Finlandia)
  5. Turin (Italia)
Kota Kreatif Bidang Film
  1. Sofia (Bulgaria)
  2. Busan (Republik Korea)
  3. Galway (Irlandia)
Kota Kreatif Bidang Seni Media
  1. Dakar (Senegal)
  2. Gwangju (Republik Korea)
  3. Linz (Austria)
  4. Tel Aviv (israel)
  5. York (Inggris Raya)
Kota Kreatif Bidang Sastra
  1. Granada (Spanyol)
  2. Dunedin (Selandia Baru)
  3. Heidelberg (Jerman)
  4. Prague (Republik Czech)
Itulah beberapa kota-kota di dunia yg berhasil mendapatkan predikat kota kreatif di masing-masing bidang. Dan tentunya, kita patut berbangga bahwa Pekalongan, kota kecil di Indonesia termasuk bagian dari kota kreatif versi UNESCO di bidang kesenian dan kerajinan tradisional. Selamat!Hebat, Pekalongan Raih Predikat Kota Kreatif dari UNESCO (Kota Pertama di Indonesia) Hebat, Pekalongan raih predikat kota kreatif dari kabar mengenai kota Pekalongan yang mendapatkan predikat Kota Kreatif dari UNESCO, pertama kali diketahui Pekalongan raih predikat Kota Kreatif Pekalongan adalah kota pertama di Indonesia yang masuk sebagai anggota baru Jaringan Kota Kreatif UNESCO, Pekalongan Raih Predikat Kota Kreatif UNESCO. menyematkan kota batik itu dengan predikat sebagai kota kreatif Menariknya pekalongan menjadi kota pertama

0 Response to "HEBAT, PEKALONGAN RAIH PREDIKAT KOTA KREATIF DARI UNESCO (KOTA PERTAMA DI INDONESIA)"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *