This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Trik bertani] Tips Menjadi Petani Yang Sukses

Menjadi seorang petani tidaklah mudah, perlu kesabaran dan keuletan tersendiri. Menjadi petani kuncinya adlh harus sabar dan ulet, jika kita tak sabar maka hasil yg kita harapkan tak akan maksimal. Tapi jika anda ingin menjadi petani yg sukses jangan khawatir berikut tips dan trik untk menjadi seorang petani yg sukses:
  1. Modal
    Tahap pertama untk menjadi seorang petani adlh memiliki modal, mustahil jika kita ingin menjadi petani yg sukses tetapi modal pun tak ada. Kalau ga ada modal, bagaimana kita bisa membeli alat pertanian yg seseuai dgn kebutuhan misalnya cangkul, sabit, garbu, pupuk dan yg jelas modalnya besar adlh membeli lahan (tanah) / sawah.
  2. Skill tentang pertanian
    Sedikit tahu tentang dunia / ilmu pertanian sudah cukup untk modal awal anda menjadi petani yg sukses, yg jelas pertajam pengetahuan anda tentang pertanian, search di google tentang kiat-kiat sukses menjadi seorang petani , / mengikuti seminar-seminar tentang pertanian yg diselenggarakan oleh dinas pertanian setempat.
  3. Kemauan yg tinggi didasari niat
    Jika kita ingin menjadi petani yg sukses, harus memiliki kemauan dan niat yg tinggi. Jangan putus asa jika kita gagal panen, karena dgn gagal panen akan menambah pengetahuan kita, apa yg harus dilakukan selanjutnya berdasark kan pengalaman gagal panen tersebut.
  4. Kreatif
    Menjadi seorang petani adlh pekerjaan mulia, karena hasilnya dibutuhkan oleh banyak orang misalnya padi, buah, sayuran dan lain sebagainya. Jika kita kreatif dlm mengolah lahan yg kita miliki, aneka hasil panen kita akan kita peroleh dan bisa kita jual di pasar / di warung. Jika jumlahnya besar bisa kita jual di pasar-pasar induk di kota anda. Kreatif disini maksudnya adlh memiliki berbagai tanaman seperti memiliki tanaman pangan berupa padi, memiliki tanaman bah-buahan di pekarangan kita, memiliki tanaman sayur-sayuran di pekarangan / di ladang kita.
  5. Fokus
    Langkah selanjutnya adlh fokus, jangan kesampingkan pekerjaan ini, luangkan sepenuhnya untk mengelola lahan pertanian anda, jangan di buat pekerjaan sampingan nanti hasilnya menyamping-yamping.
Demikian tips dan trik menjadi seorang petani yg sukses, semoga bermanfaat.

0 Response to "[Trik bertani] Tips Menjadi Petani Yang Sukses"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *