This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Daging Sapi] Green Smoothie & Info Seputarnya

Green Smoothie & Info Seputarnya
2ndgirls.blogspot.com - Kalau kita berbicara tentang gaya hidup sehat, makanan sehat, cara menurunkan berat badan dgn alami, dan hal-hal lain seputarnya maka green smoothie biasanya termasuk ke dlm topik yg diperbincangkan. Campuran aneka sayuran mentah dan buah-buahan segar yg diproses hingga smooth di dlm gelas blender ni memang dipercaya merupakan salah satu makanan sehat yg layak dikonsumsi dgn rutin. Saya termasuk salah seorang yg percaya dgn khasiatnya dan rajin mengkonsumsinya tiap hari. Selain kandungan vitamin, mineral dan antioksidannya yg tinggi, maka green smoothie jg memiliki rasa yg segar dan lezat, serta tentu saja mudah dibuat, mengenyangkan dgn kalori yg rendah.

Tapi sebelum kita meloncat ke dapur dan membuat se-pitcher besar green smoothie sebagai sarapan pagi, maka ada baiknya kita melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu tentang green smoothie. Seperti tentang bagaimana cara terbaik membuatnya, bagaimana mengkonsumsinya dgn tepat, serta tentu saja pilihan jenis sayur dan buah yg layak untk dijadikan smoothie. Karena mungkin saja sayur / buah yg baik bagi satu orang ternyata tak tepat untk orang lainnya. Nah dlm artikel Green Smoothie dan Informasi Seputarnya kali ini, saya ingin berbagi sedikit informasi tentangnya yg saya ambil dari beberapa sumber. Mungkin saja artikel ni bisa bermanfaat bagi kita yg ingin mulai menjadikan green smoothie sebagai bagian dari pola hidup sehat yg dilakukan.

Green Smoothie & Info SeputarnyaGreen Smoothie & Info Seputarnya
Bagi kebanyakan orang, alasan utama mengkonsumsi green smoothie semata-mata karena faktor kesehatan dan kepraktisan. Bayangkan saja, semua sayur, buah dan bahan-bahan yg menyehatkan lainnya cukup dimasukkan ke dlm gelas blender dan diproses hingga lembut. Kita cukup meneguknya dan dlm beberapa detik saja semua bahan menyehatkan tersebut telah berpindah ke perut. Alasan lainnya adlh dlm bentuk smoothie maka sayuran mentah yg tadinya enggan untk kita konsumsi begitu saja seperti bayam, sawi / kacang panjang menjadi mudah untk disantap. Beberapa riset menunjukkan bahwa sayuran mentah mengandung banyak enzym yg sangat bermanfaat bagi tubuh. Enzym ni akan rusak ketika sayur dimasak dlm suhu tinggi / dlm waktu yg lama.

Hampir semua sayuran dan buah sebenarnya bisa diproses menjadi green smoothie, umumnya komposisi sayuran lebih banyak dibandingkan dgn buah. Buah mengandung banyak karbohidrat dan gula sehingga tinggi akan kalori, smoothie dgn banyak buah kurang tepat bagi mereka yg sedang dlm proses menurunkan berat badan. Buah dlm green smoothie umumnya hanya sebagai penyumbang rasa manis, membuat smoothie lebih nikmat untk diminum, tapi bukan sebagai aktor utama. Saya sendiri terus terang selalu memasukkan sedikit potongan buah ke dlm green smoothie yg saya buat. Buah pilihan saya seperti pepaya, melon, pear, mangga, kiwi, nanas, pisang, / anggur. Dua / tiga jenis buah ni saya pergunakan hanya agar smoothie menjadi sedikit lebih manis dan segar.

Green Smoothie & Info Seputarnya
Satu hal yg sering menjadi kontroversi jika berbicara seputar green smoothie adlh kandungan oksalat di dlm sayuran mentah yg digunakan. Oksalat merupakan senyawa kimia yg tak memiliki rasa dan bau, yg secara alami ditemukan di dlm tubuh kita, di dlm tanaman, buah-buahan, serta hampir pd semua kacang-kacangan dan biji-bijian. Dalam kondisi sehat, maka usus kita tak akan menyerap terlalu banyak bahan kimia di dlm makanan. Biasanya oksalat akan di metabolisme oleh bakteri 'baik' di dlm usus (jika kita memilikinya), dan dikeluarkan bersama dgn kotoran. Tapi ketika oksalat bertemu dgn jaringan yg rusak, maka mereka akan mengikat kalsium dan mengkristal, menyebabkan iritasi dan rasa sakit pd jaringan tubuh. Pada akhirnya akan menyebabkan peradangan.

Rasa sakit akan semakin parah jika oksalat kemudian menanamkan diri pd satu tempat dan menghalangi mineral lain untk melaluinya misalnya saja pd saluran pencernaan. Pada kasus 'leaky gut' / kebocoran usus maka oksalat akan diserap oleh tubuh dan menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan seperti batu ginjal, hipotiroid, autism, dan banyak lainnya. Beberapa jenis sayuran dgn kandungan oksalat yg cukup tinggi misalnya bayam, bit, wortel, terung, Swiss chard, okra, semua jenis cabai, kentang, zukini, jamur, asparagus, dan kembang kol. Sedangkan beberapa buah dgn kandungan oksalat yg tinggi misalnya jeruk, kiwi, pepaya dan berries.

Green Smoothie & Info Seputarnya
Jika tubuh kita sehat dan tak memiliki masalah pencernaan maka menyantap sayur dan buah yg mengandung oksalat bukanlah ancaman besar, karena tubuh sebenarnya memiliki mekanismenya sendiri untk membuang bahan kimia berbahaya tersebut keluar. Walau bagaimanapun jg sayuran dgn kandungan oksalat tinggi jg merupakan sayuran dgn kandungan nutrisi yg baik. Tapi jika anda memiliki masalah kesehatan, terutama yg berhubungan dgn batu ginjal, asam urat dan pencernaan, maka sebaiknya berkonsultasilah dulu dgn dokter sebelum mengeliminer beberapa jenis sayuran yg bisa menimbulkan masalah. Selain itu semua harus dlm porsi yg moderat. Selama kita mengkonsumsinya dgn porsi yg cukup dan tak berlebihan maka oksalat tak akan menimbulkan masalah kesehatan yg berarti.
Nah oksalat sendiri sebenarnya bisa dikurangi dgn cara memasak sayuran. Berdasarkan hasil penelitian maka sayuran yg direbus / dikukus memiliki kandungan oksalat yg lebih rendah dibandingkan saat masih dlm kondisi mentah. Buanglah air rebusannya jika anda mengolah sayuran dgn cara ini. Untuk green smoothie dimana semua sayuran dikonsumsi mentah maka cara terbaik adlh dgn merotasi jenis sayur dan buah yg digunakan. Artinya kita tak terus-menerus menggunakan buah / sayur yg sama selama berhari-hari. Minum air putih dlm jumlah yg banyak sekitar 8 s/d 10 gelas tiap hari bisa membantu membuang kelebihan oksalat maupun zat dan bahan kimia berbahaya lainnya dari dlm tubuh sekaligus mencegah terbentuknya batu di dlm ginjal.

Green Smoothie & Info Seputarnya
Karena green smoothie umumnya mengandung sayuran mentah maka menggunakan sayuran organik dan bebas pestisida maupun pupuk kimia tentu saja lebih disarankan. Jika anda memiliki akses ke supermarket yg menjual sayuran organik, maka anda bisa membeli jenis sayuran berdaun hijau seperti pakchoy, sawi / caisim dgn harga yg tak terlalu mahal dan menggunakannya sebagai campuran di dlm smoothie. Tapi bukan berarti jika tak ada sayuran organik lantas anda tak bisa mengkonsumsi smoothie sama sekali, karena menyantap smoothie yg terbuat dari sayuran biasa tentu saja lebih baik dibandingkan tak mengkonsumsinya sama sekali.
Cucilah sayuran hingga benar-benar bersih, agar segala kotoran dan sisa pestisida yg melekat bisa menghilang. Tiriskan sayuran agar tak ada kelebihan air cucian yg masuk ke dlm blender. Dan jika anda memiliki salad spinner - alat untk mengeringkan sayuran yg basah karena baru saja dicuci - tentu saja akan lebih baik sehingga sayur benar-benar bisa ditiriskan.
Green Smoothie & Info Seputarnya
Salad spinner

Selain sayur dan buah, kita sebenarnya bisa menambahkan beberapa bahan bermanfaat lainnya ke dlm smoothie seperti kunyit, jahe dan flaxseed. Kunyit (turmeric) mengandung pigmen berwarna jingga bernama curcumin yang memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai anti peradangan, mencegah kanker, mengurangi sakit akibat rhematik, meningkatkan fungsi hati, menurunkan kolesterol dlm darah, dan masih banyak manfaat lainnya. Tak heran jika kemudian kunyit dianggap sebagai salah satu super food yg wajib kita tambahkan di dlm menu harian. Sayangnya curcumin tak mudah diserap begitu saja di dlm tubuh, sebagian besar curcumin yang kita asup akan dibuang oleh tubuh kita. Nah untk membuatnya mudah diserap maka alkaloid bernama piperine diperlukan, piperine terdapat di dlm biji merica terutama merica hitam. Mengkonsumsi kunyit bersama dgn merica hitam akan membuat tubuh kita mampu menyerap curcumin secara maksimal hingga 2000%.

Saya sendiri membeli kunyit dlm jumlah banyak di pasar, mengupasnya dan membekukannya di freezer. Dengan cara ni maka kunyit menjadi sangat awet dan sewaktu-waktu diperlukan saya bisa memasukkannya ke dlm smoothie / bahkan masakan yg menggunakan rimpang ni di dalamnya.

Green Smoothie & Info Seputarnya
Kunyit beku

Siapa yg tak tahu manfaat jahe? Rimpang dgn aroma segar dan seringkali kita masukkan ke dlm bumbu masakan ni memiliki segudang kelebihan. Jahe mengandung senyawa anti peradangan dan antioksidan yg sangat bermanfaat bagi kesehatan kita seperti gingerols, beta-carotene, capsaicin, curcumin dan salicylate. Mengkonsumsi buah dan sayur aneka jenis telah lama dikaitkan dgn kemampuannya untk menurunkan resiko kesehatan yg berhubungan dgn gaya hidup. Beberapa penelitian menyarankan kita untk mengkonsumsi tanaman rimpang seperti jahe karena terbukti mampu menurunkan resiko obesitas (kelebihan berat badan), diabetes, penyakit jantung selain jg memiliki kemampuan untk menjaga kesehatan tubuh dan rambut, meningkatkan energi dan secara keseluruhan menurunkan berat badan.

Dalam smoothie yg saya konsumsi, biasanya saya jg menambahkan satu sendok makan flaxseed. Flaxseed merupakan biji dari tananamLinum usitatissimum. Biji dan minyak dari biji tanaman ni biasanya digunakan dlm dunia pengobatan. Flaxseed merupakan sumber serat makanan dan asam lemak omega-3 yg sangat baik. Serat pd flaxseed terutama terdapat di lapisan luar bijinya. Jika dikonsumsi sebelum makan maka flaxseed akan membuat kita menjadi tak cepat merasa lapar, sehingga mampu mengurangi porsi makanan yg akan disantap. Tentu saja flaxseed masih mengandung segudang manfaat lainnya seperti menurunkan kadar kolesterol, anti peradangan dan anti oksidan. Untuk mendapatkan manfaat terbaik maka biji flaxseed harus dihancurkan terlebih dahulu menjadi bubuk, saya menggunakan blender dry mill untk pekerjaan ini.
Green Smoothie & Info Seputarnya
Flaxseed dan merica hitam tumbuk

Okeh, setelah tahu tentang jenis sayur dan buah yg layak kita konsumsi serta bahan-bahan yg bisa ditambahkan ke dlm smoothie, lantas bagaimana cara mengkonsumsi smoothie dgn baik dan benar? Satu proses pencernaan yg kerap hilang ketika kita menyantap smoothie adlh proses mengunyah. Tatkala kita mengunyah makanan maka proses tersebut bukan sekedar menghancurkan ukuran makanan menjadi kecil agar mudah ditelan tetapi hal penting lainnya adlh sebenarnya kita mencampurkan makanan tersebut dgn air liur kita yg mengandung enzym bernama Ptyalin. Enzym ni membantu untk memecahkan makanan dan membantu lambung kita mencerna makanan dgn baik. Selain itu Ptyalin jg membantu untk mencerna karbohidrat dan proses tersebut dimulai dari dlm mulut. Jadi sebaiknya ketika kita mengkonsumsi smoothie jangan langsung menelannya begitu saja, tetapi kunyahlah perlahan dan beri waktu smoothie di dlm mulut untk tercampur dgn saliva (air liur) sebelum menelannya.

Kapankah waktu terbaik untk menyantap smoothie? Walau smoothie bisa disantap kapan saja, tapi waktu terbaik adlh pagi hari. Saat itu tubuh kita berada dlm kondisi sangat aktif dan memerlukan energi untk bekerja. Kandungan karbihidrat yg terdapat di dlm smoothie akan membantu perut terasa kenyang lebih lama dan menyuplai energi yg diperlukan. Untuk memastikan semua nutrisi yg terkandung di dlm smoothie bisa diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh maka minumlah smoothie pd saat perut kosong. Makanan yg sudah dimasak memerlukan waktu yg lama dan jg energi yg banyak untk dicerna. Tapi smoothie yg memiliki waktu cerna yg pendek akan mudah dicerna dan disebarkan ke seluruh tubuh. Setelah berolah raga jg meruapakan saat yg baik untk mengkonsumsi smoothie, ketika tubuh kita siap untk merubah glikogen menjadi gula darah karena cadangan di dlm tubuh berkurang akibat berolah-raga maka simple smoothie akan membantu memulihkannya dgn cepat.

Green Smoothie & Info Seputarnya
Sebenarnya nutrisi terbaik tetap saja diperoleh dari buah dan sayuran utuh, dlm arti mengkonsumsinya secara langsung tanpa harus memprosesnya menjadi smoothie / jus. Buah yg telah dikupas dan diproses dgn blender berkecepatan tinggi akan mengalami yg namanya oksidasi. Anda pasti pernah memblender apel dan dlm beberapa saat jus / smoothie apel tersebut berubah warna menjadi gelap. Ini karena memprosesnya dgn kecepatan tinggi berarti memasukkan banyak oksigen ke dlm smoothie yg akan menyebabkan molekul besi didalam apel mengalami oksidasi. Untuk mencegah terjadinya proses oksidasi pd buah dan sayuran dgn kandungan besi yg tinggi maka menambahkan jus lemon / irisan tipis jeruk lemon kala anda memproses smoothie akan membantu menghambat proses oksidasi selain tentu saja membuat rasa smoothie menjadi lebih sedap dan meningkatkan nutrisinya.

Berapa lama smoothie dpt disimpan setelah dibuat? Pertanyaan ni saya tambahkan setelah artikel saya posting dan seorang pembaca menanyakannya di Twitter. Smoothie dan jus buah/sayur umumnya akan memberikan manfaat terbaik jika langsung diminum saat itu jg setelah dibuat. Tapi jika kita ingin membawa smoothie ke kantor seperti yg saya lakukan tiap hari, maka buatlah smoothie pd pagi hari dan gunakan buah yg telah dibekukan / didinginkan di dlm kulkas sehingga proses oksidasi bisa diperlambat selama mungkin. Masukkan smoothie di dlm wadah tertutup rapat (wadah gelas lebih baik) dan simpanlah di tempat sejuk (kulkas) dan hindari terkena cahaya langsung. Tambahkan irisan jeruk lemon ke dlm smoothie agar fresh lebih lama dan menghambat proses oksidasi. Jika kantor anda memiliki kulkas maka masukkan smoothie ke dlm kulkas jika belum waktunya anda konsumsi. Smoothie dlm wadah tertutup rapat tahan satu hingga tiga hari di dlm kulkas dimana rasa dan manfaatnya masih tetap baik.

Nah berikut resep smoothie yg sering saya buat sebagai sarapan pagi. Perlu saya tekankan sayur dan buah yg digunakan bisa sangat bervariasi tergantung dgn stok di kulkas dan pilihan sayur yg aman menurut kita masing-masing. Selalu ganti sayur dan buah yg digunakan secara periodik ya.

When we are chewing food we are covering that food with Saliva which contains an enzyme called Ptyalin which is an enzyme that helps to break the food down for the digestive process. If we skip chewing our food because we are consuming it in the form of either smoothies or juices then we are also giving it to our digestive system without a necessary enzyme to help it digest. This enzyme helps to digest carbohydrates and it begins that process in the mouth.
Not only this, but when you are chewing your food whether it be solid food or liquid food you are burning calories that help to give your body energy and to keep your body active and moving.
- See more at: http://healthywildandfree.com/are-you-chewing-your-smoothies-juices/#sthash.ykZOyMxy.RCDjSvwj.dpuf When we are chewing food we are covering that food with Saliva which contains an enzyme called Ptyalin which is an enzyme that helps to break the food down for the digestive process. If we skip chewing our food because we are consuming it in the form of either smoothies or juices then we are also giving it to our digestive system without a necessary enzyme to help it digest. This enzyme helps to digest carbohydrates and it begins that process in the mouth.
Not only this, but when you are chewing your food whether it be solid food or liquid food you are burning calories that help to give your body energy and to keep your body active and moving.
- See more at: http://healthywildandfree.com/are-you-chewing-your-smoothies-juices/#sthash.ykZOyMxy.RCDjSvwj.dpufGreen Smoothie & Info Seputarnya
Green Smoothie 2Resep hasil modifikasi sendiri
Untuk 4 gelas

Tertarik dgn resep smoothie lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Banana & Mango Smoothie
Kiwi Smoothie
Green Smoothie dgn Mint & Parsley

Bahan: - 100 gram daun bayam - 150 gram daun kailan/pakchoy/caisim - 5 buah kacang panjang - 2 buah tomat merah, belah menjadi dua bagian - 3 buah kunyit kupas, masing-masing sepanjang 8 cm, potong-potong sepanjang 2 cm - 3 ruas jari jahe, potong-potong sepanjang 2 cm (saya pakai jahe merah) - 1 sendok makan flaxseed bubuk, saya pakai golden flaxseed - 1 sendok teh merica tumbuk kasar, saya pakai black pepper - 1/3 buah pear Singo (sekitar 200 gram) - 10 buah anggur merah (bisa digantikan dgn buah dgn rasa manis lainnya) - 1 buah kiwi - 500 ml air matang
Cara membuat:

Green Smoothie & Info Seputarnya
Cuci bersih semua sayur dan buah, jika anda memiliki salad spinner seperti gambar dibawah, masukkan semua sayuran yg sudah tercuci bersih, putar alat hingga air yg melekat di sayuran hilang.
Green Smoothie & Info Seputarnya
Masukan semua bahan smoothie ke dlm gelas blender, tambahkan air. Tekan pulse beberapa kali hingga bahan hancur. Baru proses dgn kecepatan tinggi hingga sayuran dan buah hancur dan menjadi super smooth.
Green Smoothie & Info Seputarnya
Sesuaikan kekentalan smoothie sesuai selera, jadi tambahkan air jika dirasa smoothie terlalu kental. Sajikan segera. Yummy!

Sources:
Body Ecology - Boiling Your Vegetables
Authority Nutrition - Top 10 Evidence Based Health Benefits of Turmeric
Vegan Health - Oxalate
Juicing for Health - Tips to delay juice oxidation
Simple Green Smoothie - FAQ

other source : http://okezone.com, http://solopos.com, http://justtryandtaste.com

0 Response to "[Daging Sapi] Green Smoothie & Info Seputarnya"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *