This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Copy of Feed Full Text Parser] 10 Minuman Keras Asli Indonesia

10 Minuman Keras Asli Indonesia

10 Minuman Keras Asli Indonesia
Indonesia memang terkenal dgn keanekaragaman budaya, makanan dan minumannya. Dan tak hanya itu, ternyata tiap daerah di Indonesia jg memiliki minuman keras tersendiri. Minuman-minuman ni jg memiliki efek yg memabukkan, seperti halnya minuman keras yg terdapat di bar. Berikut ni adlh minumannya seperti yg dikutip dari zonaunik.com:

Cap Tikus & Sagoer
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Cap Tikus merupakan minuman keras dari Manado hasil penyulingan Sagoer. Sagoer sendiri adlh cairan yg disadap dari pohon enau dan mengandung sedikit kadar alkohol sekitar 5%. Setelah disuling dgn cara tradisional, minuman khas Minahasa ni menjadi pendorong kerja untk kalangan petani. Tapi saat ni Cap Tikus lebih menjadi sarana pelampiasan dan mabuk-mabukan. Begitu berbahayanya minuman ni hingga orang-orang tua mengingatkan agar bisa menahan / mengontrol minum minuman Cap Tikus. Sejak dulu pula dikenal pameo menyangkut Cap Tikus, minum satu seloki Cap Tikus, cukup untk menambah darah, dua seloki bisa masuk penjara, dan minum tiga seloki bakal ke neraka.

Tuak
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Tuak merupakan minuman keras khas Indonesia hasil fermentasi dari bermacam buah. Bahan-bahan tuak biasanya beras / cairan yg diambil dari tanaman seperti nira kelapa / aren, legen dari pohon siwalan / tal, / sumber lain. Di daerah Batak tuak dibuat dari pohon aren yg mirip pohon kelapa maka sering disebut bir panjat. Bar-bar tradisional yg menyediakan tuak disebut lapo tuak.

Sebenarnya tuak tersebar di begitu banyak daerah di Indonesia sehingga sering disebut dgn nama-nama lain, tapi tuak di sini mengacu pd minuman hasil fermentasi dari buah yg manis. Sama seperti temannya dari Manado tuak jg sangat memabukkan dgn kadar alkohol yg lebih ringan.

Di salah satu lapo tuak tertulis Segelas tuak penambah darah. 2 gelas, lancar bicara. 3 gelas, mulai tertawa-tawa. 4 gelas, mencari gara-gara. 5 gelas, hati membara. 6 gelas, membuat perkara. 7 gelas, semakin menggila. 8 gelas, membuat sengsara. 9 gelas, masuk penjara dan 10 gelas, masuk neraka.

Arak Bali
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Mirip dgn tuak, arak bali merupakan minuman keras hasil fermentasi dari sari kelapa dan buah-buahan lain. Kadar alkoholnya 37-50%. Arak ni dari namanya saja sudah jelas berasal dari Bali dan sering digunakan dlm upacara-upacara adat. Dalam upacara menghormati para dewata arak akan dituangkan ke daun pisang yg sudah dibentuk seperti tangkup dan kemudian arak akan dicpiratkan tangan kanan dgn bantuan sebuah bunga.

Arak-arak untk upacara biasanya mutu terendah karena arak terbaik akan diminum. Arak ni cukup populer jg di kalangan wisatawan di Bali dan salah satu resep cocktail yg terkenal adlh “arak attack” yaitu campuran Arak Bali dan orange juice. Meskipun banyak turis mancanegara tak akan terkesan dgn rasa arak dibanding minuman keras dunia lainnya tapi keberadaan Arak Bali jelas membantu seorang asing menikmati liburannya dan mempromosikan pulau dewata.

Sopi
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Sopi adlh minuman keras asal Maluku yg dilarang di sana tapi sudah sangat populer dan mendarah daging. Sopi sendiri merupakan fermentasi dari pohon aren (jadi masih bersaudara dgn minuman keras Indonesia lainnya) dan memiliki kadar alkohol diatas 50%. Pembuatan Sopi yg menghasilkan rasa khasnya adlh penambahan bubuk akar Husor dan penggunaan bambu untk penyulingan. Para pembuat Sopi tradisional meskipun terlarang sangatlah makmur sampai bisa menyekolahkan anak-anak mereka sampai ke bangku kuliah maka ada sebutan di Maluku sudah ada orang yg menjadi profesor-profesor karena Sopi ini. Ada yg bilang rasa Sopi mirip Vodka.

Lapen
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Nah minuman keras asal Yogyakarta ni reputasinya sungguh buruk. Coba saja Anda cari di google mengenai minuman ini, halaman awal akan didominasi kisah-kisah tragis penegak lapen, dari kebutaan, kelumpuhan, sampai kematian massal. Namanya pun sudah cukup sangar Lapen merupakan singkatan dari “langsung pening”.

Memang cara pembuatannyapun akan membuat kita geleng kepala. Alkohol 98,5% dicampur 15 liter air mineral ditambah gula dan pemanis lainnya, didiamkan 12 jam siap untk dikonsumsi. Anda yg jeli akan bertanya alkohol apa yg dipakai? Disitulah masalahnya karena tak jelas maka minuman ni sering terkontaminasi Methanol yg sangat beracun (bahan kosmetik, pembersih, dll) yg akan menjadi asam di dlm tubuh dan menyerang sistem saraf terutama saraf mata.

Lebih parahnya lagi di Yogyakarta para pemuda yg hilang arah sering adu keberanian dgn mencampur Lapen dgn berbagai cairan lain untk memperkuat rasanya, dan yg kami maksud cairan bukan hanya cairan minuman tapi bisa karbol, formalin, dan bahan kimia apapun yg bisa Anda pikirkan. Tidak heran halaman demi halaman pencarian google untk “Lapen” dihiasi obituari dan berita pengerebekan polisi.

Ciu
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Ciu merupakan sebuah nama sebutan untk minuman keras khas dari daerah Banyumas dan Bekonang, Sukoharjo. Meskipun mungkin ada hubungannya tapi tak sama dgn Ang Ciu / arak merah Cina. Di Banyumas Ciu merupakan hasil fermentasi dari beras dgn kadar alkohol mencapai 50-90%. Di tempat ni Ciu illegal dan dgn aktif diberantas oleh pemerintah daerahnya.

Di Bekonang di lain pihak, pembuatan Ciu ni didukung oleh pemerintah daerahnya, sehingga menjadi sangat populer dan dipasarkan ke seluruh Karesidenan Surakarta, Surabaya hingga Madura. Pada jaman dahulu tiap ada hajatan malamnya pasti diikuti dgn acara mabuk “Ciu Bekonang”. Ciu ni pembuatannya menggunakan tape dan ketan sehingga hasil fermentasi dari singkong tak seperti saudaranya di banyumas. Kedua Ciu tak berwarna, bening dan rasanya sangat kuat.

BALLO
10 Minuman Keras Asli Indonesia
BALLO minuman sejenis tuak yg berasal dari daerah Bugis Makasar ni merupakan hasil dari beberapa jenis pohon yg banyak tumbuh di daerah Makasar antar lain Enau, Nipa, Lontar. Menurut beberapa sumber ballo jg dpt di buat dgn cara di fermentasi, caranya air yg berasal dari buah lontar ditampung kemudian di pendam di dlm tanah dlm beberapa hari. Kadar alkohol ballo sendiri jg bereda- beda tergantung dari hasil pembuatan nya tapi pd umumnya kadar alkoholnya berkisaran sama dgn tuak pd umum nya. Ballo biasanya di minum sebagian warga untk menghilangkan rasa dingin dan beberapa warga jg percaya minum ballo dpt menambah daya tahan tubuh jika diminum dlm porsi yg wajar.

SWANSRAI/MILO
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Swansrai yg berasal dari Papua ni dibuat dari pohon kelapa sudah tua, diambil air nira dari bakal buahnya lalu di fermentasi, kadar alkohol nya berkisar antara 25%- 30%.yang menurut saya fantastis harga sebotol MILO (MInuman LOkal) ni Rp 50.000 (satu botol kecil minuman mineral) di daerah Biak, harga yg relatif mahal untk sebotol minuman keras tradisional.

Congyang
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Biasa disuguhkan untk tamu dari jauh, CongYang, / biasa disebut tolik/tolde (botol cilik/botol gede), sering jg disebut Cap Tiga Dewa / Cap Tiga Orang, adlh sebuah minuman keras Tirtowaluyo yg di-produksi dibelakang Stasiun Poncol Semarang, nama tersebut memang tak asing bagi warga semarang karena sudah di-produksi dari lama dan sudah menjadi Trademark bagi warga semarang.

Terkadang saat sedang pergi ke-luar kota saya membawa minuman ni sebagai oleh-oleh untk teman-teman yg sedang merantau keluar semarang, rata-rata memang mereka kangen dgn minuman Cap Tiga Dewa.

CongYang sendiri memiliki rasa yg sangat khas, manis, dan sedikit pahit, karena memang mengandung alkohol sekitar 19,5% yg merupakan hasil fermentasi beras putih, spirit, gula pasir, perisa kopi dan moka.

Entah benar entah tidak, Sejarah kata “CongYang” sendiri berasal dari seorang supir angkot mabuk di-daerah stasiun poncol, dimana saat Cap Tiga Orang yg dia minum habis, dan kemudian dia membeli lagi diwarung jamu (dan kebetulan banyak orang), dia mengatakan … Pak, beli Cap Tiga Oyang, orang-orang yg kebetulan berada di Depot jamu tersebut mendengar-nya sebagai CongYang, itulah kenapa kata “CongYang” menjadi tersebar hingga sekarang.

Anggur Orang Tua, Bir Bintang, Anker Beer, dan Minuman Keras Lokal Lainnya
10 Minuman Keras Asli Indonesia
Meskipun masih menjadi polemik dan perdebatan di kalangan rohaniawan, minuman keras produksi skala besar telah menjadi bisnis yg sangat besar. Lihat saja grup orang tua yg dari anggur kolesomnya bisa merambah hingga ke bisnis makanan lain. Bir produksi dlm negeri (yang rasanya kalah jauh dgn bir luar negeri) jg populer di kalangan masyarakat kecil. Minuman-minuman itu ada di daftar ni hanya karena mereka dibuat di Indonesia meskipun kecil nilai tradisinya.

0 Response to "[Copy of Feed Full Text Parser] 10 Minuman Keras Asli Indonesia"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *