This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Tips Dasar Merawat Kucing

Tips Dasar Merawat Kucing
Memelihara kucing tak sulit namun jg tak mudah. Perlu ketelatenan dan perhatikan khusus. Jika Anda termasuk penyanyang kucing, berikut tips dasar merawat kucing.

Memberi makan dan minum:

1.Berikanlah pakan khusus kucing yg sudah direkomendasikan dan memiliki gizi lengkap sehingga kondisi kesehatannya terjamin.
2.Jangan berlebihan dalam memberikan makanan kepada kucing Anda. Takaran pemberian makanan kucing diusahakan sekali makan akan habis sehingga pakan yg diberikan selalu berganti baru. Hal ni jg akan menghindari obesitas karena takaran makan pas dgn kebutuhannya.
3.Pilih makanan kering karena praktis dan butiran-butiran keringnya membantu membersihkan gigi kucing
4.Jika kucing sudah terbiasa mengonsumsi makanan basah, usahakan 1x pemberian pakan pas takaran dan sisa yg masih ada di kaleng disimpan di kulkas.
5.Saat memberikan makanan yg disimpan di kulkas, maka harus dihangatkan / dikeluarkan sebentar dari kulkas sehingga suhu makanan tak dingin.
6.Tempat pakan kucing harus selalu bersih, sisa makanan terutama yg basah langsung dibuang.
7.Berikan makanan pd jam-jam tertentu untuk membiasakan kucing mengetahui jadwal makannya.
8.Bila kucing tak ditempatkan di dalam kandang,
berikan makan di sudut/tempat tertentu jangan dipindah-pindah untuk membiasakan kucing mengetahui secara otomatis tempat makanannya diletakkan.
9.Sediakan cukup air minum matang di kandang / di tempat makannya. Meskipun kucing sedikit minum akan tetapi tetap memerlukan persediaan minum.

Perawatan lain:

1.Berikan tempat tidur yg nyama. Apabila memungkinkan yg terbuat dari rotan sehingga dpt digunakan untuk mengasah kuku dan untuk menghindari menggaruk perabotan rumah tangga lainnya.
2.Kotak kotoran harus diisi pasir kucing yg mempunyai daya serap tinggi sehingga dpt menyerap kencing dgn cepat. Segera buang kotoran kucing segera mungkin dan ganti pasir kucing yg sudah berisi kencing 2 x sehari pagi, dan sore.
3.Mandikan kucing minimal 3 x dalam 1 bulan / 1 minggu sekali dgn menggunakan shampoo kucing yg ber PH rendah
4.Lakukan penyisiran bulu tiap hari agar bulu yg rontok tak akan terjilat yg menyebabkan kucing muntah karena bulu tertelan dan akan mengganggu sistem pencernaannya.
5.Lakukan vaksinasi sesuai umur dan kebutuhan jg periksakan kesehatan kucing secara rutin ke dokter hewan terdekat.
6.Segera periksakan ke dokter hewan apabila kucing memperlihatkan gejala awal terserang sakit.

Sumber

_____sincerely_____

0 Response to "Tips Dasar Merawat Kucing"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *