This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Intermezo] Ikan Belanak Masak Lemak

Ikan Belanak Masak Lemak
2ndgirls.blogspot.com - Ikan belanak bukan jenis ikan yg umum saya beli. Tidak terbiasa mengkonsuminya dan tak pernah jg melihat Ibu memasaknya membuat saya ragu tiap kali hendak mencobanya. Tapi beberapa waktu yg lalu saya melihatnya cukup berlimpah tersedia di meja Mba Siti, penjual ikan segar andalan di pasar Blok A. Berbekal nekat dan sedikit dorongan dari si Mba Penjual, maka tiga ekor ikan pun masuk ke dlm kantung plastik bersama beberapa jenis ikan lainnya. Saya biasanya berbelanja ikan tiap dua minggu sekali di pasar, setelah ikan disiangi dan dicuci bersih lantas saya masukkan ke freezer untk dibekukan.

Ikan belanak memiliki sisik yg besar dan terlihat tebal, mungkin karena faktor itulah yg membuat saya ragu dgn tekstur daging di baliknya. Tapi ketika ikan kemudian saya goreng dan masak bersama santan berkuah yg nyemek-nyemek, saya cukup surprised dengan tekstur dagingnya yg putih, lembut dan sangat gurih. Ikan belanak sungguh mantap dan sejak itu ikan ni menjadi salah satu ikan favorit saya. ^_^

Ikan Belanak Masak LemakIkan Belanak Masak Lemak
Masak lemak merupakan masakan yg simple dan mudah, bumbu dasar yg biasanya wajib ada adlh bawang merah, bawang putih, dan cabai. Bumbu bisa dihaluskan / dirajang tipis seperti yg saya lakukan. Masakan yg saya buat ni tak pedas cita rasanya, karena itu jika anda ingin versi hot-nya maka tambahkan rajangan cabai rawit ke dalamnya. Nah disebut masak lemak karena masakan ni menggunakan santan sebagai kuahnya, paling sedap tentu saja santan yg sedikit kental dlm porsi tak terlalu banyak sehingga ikan tampak bergelimang kuah berbumbu yg tampak 'nyemek-nyemek'. Berhubung saya suka dgn aneka rempah dan bumbu maka masak lemak versi yg saya buat tak se-simple umumnya. Saya menambahkan aneka rempah segar seperti jahe, lengkuas, daun jeruk purut, serai dan daun salam serta bumbu lainnya seperti ketumbar. Rasa kuah pun menjadi lebih maknyus dan masuk di lidah saya yg suka dgn masakan yg tasty.

Ikan Belanak Masak LemakIkan Belanak Masak Lemak
Untuk membuatnya maka anda bisa menggunakan jenis ikan apapun, tak harus ikan belanak seperti yg saya hadirkan. Ikan air tawar / air laut sama lezatnya jika dimasak dgn cara ini. Saya lebih suka ikan digoreng terlebih dahulu sehingga permukaannya menjadi kering, ni membuat ikan tak hancur kala dimasak bersama kuah hingga ikan mampu menyerap bumbu dgn baik. Tapi anda jg bisa membuat versi lainnya yaitu ikan langsung dimasukkan ke dlm kuah mendidih tanpa digoreng terlebih dahulu. Agar rasanya lebih mantap maka ikan sebelum digoreng saya bumbui terlebih dahulu dgn aneka bumbu bubuk yg selalu tersedia di dapur. Bumbu bubuk ni super praktis dan cepat untk dicampurkan dgn ikan / ayam yg akan digoreng. Jika anda melihat bubuk merah di permukaan ikan pd gambar di atas, maka bubuk tersebut adlh cabai merah yg memang suka saya guyurkan untk memberikan rasa sedikit spicy pd ikan.

Kesal karena tangan yg belepotan warna kuning tiap kali menggoreng ikan / ayam dgn menggunakan kunyit? Maka satu tips berikut ni bisa anda praktekkan. Masukkan ikan/ayam bersama semua bumbu ke dlm panci, tutup panci kemudian kocok hingga isinya tercampur rata. Nah ikan/ayam siap untk digoreng tanpa membuat kuku menjadi kusam kekuningan.

Ikan Belanak Masak Lemak
Masak lemak alias kuah santan sendiri merupakan masakan yg umum ditemui di daerah Sumatera dan sekitarnya, serta di negeri jiran, Malaysia. Selain ikan, maka ayam, irisan daging, tempe / tahu jg sedap diolah dgn cara ini. Resep ni jg merupakan salah satu resep yg saya hadirkan di buku kedua saya, Masakan Rumahan - 30 Resep Tumis, Goreng dan Rebus, yg berisikan masing-maing 10 resep tumis, goreng dan rebus nan simple. Rasanya yg sedap mampu membuat anda menghabiskan berpiring-piring nasi hanya dgn kuahnya saja. Berikut resep dan prosesnya ya.

Ikan Belanak Masak Lemak
Ikan Belanak Masak LemakResep hasil modifikasi sendiri
Untuk 2 - 3 porsi

Tertarik dgn masakan ikan lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Pampis Ikan Tongkol Super Pedas
Ikan Bawal Kuah Pecak
Ikan Layang Sumbat Belakang

Bahan & bumbu untk menggoreng ikan:- 3 ekor ikan belanak ukuran sedang, siangi- 1 sendok makan ketumbar bubuk- 1/2 sendok teh kunyit bubuk- 2 siung bawang putih dihaluskan- 2 sendok teh garam- 1 sendok makan air asam Jawa
Bahan & bumbu kuah:- 2 sendok makan minyak untk menumis- 5 siung bawang merah, rajang tipis- 4 siung bawang putih, rajang tipis- 2 ruas jari jahe, memarkan- 1/2 sendok teh kunyit bubuk- 1 sendok teh ketumbar bubuk- 2 ruas jari lengkuas, belah dua dan memarkan- 1 buah serai, ambil bagian putihnya saja dan memarkan- 4 lembar daun salam- 3 lembar daun jeruk purut- 4 buah cabai hijau besar, biarkan utuh, belah memanjang di tengah- 8 buah cabai rawit merah, biarkan utuh- 1 sendok makan air asam Jawa yg kental- 1 sendok makan gula Jawa, sisir halus- 2 sendok teh garam- 300 ml santan kental
Cara membuat:

Ikan Belanak Masak Lemak
Siangi ikan, buang sisik, insang dan isi perutnya. Anda bisa membiarkannya utuh / memotong-motongnya sesuai selera. Cuci ikan hingga bersih, sayat-sayat permukaan badannya. Masukkan ikan ke dlm panci, masukkan semua bumbu untk menggoreng ikan. Tutup panci dan guncangkan / kocok panci kuat-kuat sehingga ikan dan bumbu tercampur rata. Diamkan ikan selama 30 menit.
Ikan Belanak Masak Lemak
Siapkan wajan, beri minyak agak banyak dan panaskan hingga benar-benar panas. Goreng ikan hingga satu sisi matang dan berwarna kecoklatan. Balikkan dan goreng sisi lainnya hingga matang. Angkat dan tiriskan.
Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Masukkan bawang merah dan tumis hingga bawang merah menjadi layu dan matang. Masukkan bawang putih tumis hingga layu. Tambahkan jahe, kunyit bubuk, ketumbar bubuk, lengkuas, serai, daun salam dan daun jeruk. Aduk dan tumis hingga daun rempah menjadi layu.
Masukkan cabai hijau besar, cabai rawit, air asam dan gula Jawa, aduk dan tumis sekitar 2 / 3 detik. Tuangkan santan, tambahkan garam dan masak dgn api kecil hingga santan mendidih dan matang. Aduk-aduk selama santan dimasak agar tak pecah.
Ikan Belanak Masak Lemak
Jika santan telah mendidih, harum dan keluar minyak masukkan ikan goreng. Aduk-aduk dan masak dgn api kecil hingga santan meresap ke ikan dan sedikit menyusut. Cicipi rasanya, tambahkan garam jika kurang asin. Angkat dan sajikan dgn nasi hangat. Super duper yummy!

other source : http://justtryandtaste.com, http://wikipedia.org, http://slideshare.net

0 Response to "[Intermezo] Ikan Belanak Masak Lemak"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *