This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Tips Motor] Penyebab Roda Depan Motor Bunyi

Penyebab Roda Depan Motor Bunyi2ndgirls.blogspot.com - Sobat atik-utak motor, kejadian ni benar-benar di alami teman saya belum lama ini, begini ceritanya....
Belum lama ni teman saya punya keluhan kalo ada bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" di roda bagian depan motor mio nya, karena tak tahan bunyi tersebut lantaran banyak orang yg ngelirik kalo motor lagi dikendarai, bukan karena kecantikan teman aku ... tapi karena denger kaya ada banyak tikus ikut di motor nya. kagak kepengin rasa malu semakin besar akhirnya motor dilarikan ke bengkel....
Penyebab Roda Depan Motor Bunyi
Singkat cerita montir bengkel langsung beroperasi sigap jangan sampai tikus kagak ketangkep (hehehe maksudnya bunyi kayak tikus), roda depan akhirnya dilepas, montir jg melepas kampas ren cakram depan lantaran diagnosa montir langsung tertuju pd rem cakram depan, setelah terlepas dibersihin tu semua sparepart rem dgn amplas, merasa yakin terus dirakit dan roda dipasang, langsung montir lakukan tes drive tu motor mio di bawa keluar entah kemana tak berapa lama balik lagi.... "sudah selesai mbak" kata montir bengkel. Merasa yakin beres teman saya terus pulang setelah bayar itu montir.
Dalam perjalanan pulang memang tak terdengar bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" lagi ...... selang beberapa Km ternyata tikusnya datang lagi alias terdengat bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" ... wah pusing nih teman aku....
Penyebab Roda Depan Motor Bunyi
Esoknya dia cerita ke aku.... langsung saja aku ke TKP sambil bawa kunci -kunci /peralatan berlagak kayak montir. Motor aku posisikan standar tengah, roda aku putar sambil dengerin suara / bunyinya.... disebelah kanan motor memang terjadi sedikit gesekan wajar cakram dgn kampas tapi bunyinya bukan "cuit...ciitt...cuit...citt", pindah ke sebelah kiri mulai tu terdengar bunyi yg dimaksud, suara terdengar dari rumah roda gigi indikator kecepatan, langsung roda depan aku lepas, dari laporan teman rem habis dibersihkan montir aku cek memang sudah bersih sambil berpikir kenapa masih bunyi jg terus aku periksa laher roda aman.....akhirnya aku periksa roda gigi indikator kecepatan, di telusur ternyata kabel speedometer sudah putus jadi tak berfungsi.... di sana terdapat roda gigi berbahan plastik yg berfungsi memutar kabel speedometer, lantaran tak berfungsi akhirnya roda gigi berbahan plastik aku lepas dgn mencongkel menggunakan obeng, kemungkinan bunyi berasal dari roda gigi tersebut.
Setelah melepas roda gigi berbahan plastik tersebut, roda kembali aku pasang pd tempatnya dgn memasang as roda, tak lupa aku cek betul kekencangan baut roda.
Penyebab Roda Depan Motor BunyiPenyebab Roda Depan Motor Bunyi

Tes drive aku lakukan sambil memperhatikan dan mendengarkan jika masih ada bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt".... alhamdullilah ternyata bunyi hilang. Dari laporan teman sampai sekarang sudah tak ada lagi tikus yg mengikuti alias sudah hilang tuh bunyi.....


Kesimpulan bunyi "cuit...ciitt...cuit...citt" pd roda tak selamanya berasal dari gesekan cakram dgn kampas rem,... ternyata komponen indikator kecepatan speedmotor dpt menjadi penyebab jika sudah tak berfungsi, jadi sebaiknya dilepas saja.
Semoga pengalaman ni bermanfaat.

0 Response to "[Tips Motor] Penyebab Roda Depan Motor Bunyi"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *