This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Miss Indonesia] Atlantis - Misteri Benua Yang Hilang

2ndgirls.blogspot.com - Jika kita bicara misteri, maka salah satu misteri yg cukup asyik untk di bicarakan adlh mengenai Benua Atlantis. Benua ni bisa dikatakan legenda dan mitos, karena sampai detik ni belum ada bukti kongkrit tentang benar tidaknya keberadaan benua Atlatis ini.

Kisah Atlantis hadir dari tangan seorang filusuf dan ahli matematika dari Yunani bernama Plato. Plato yg diperkirakan lahir sekitar abad 427 SM adlh pendiri dari Akademi Platonik di Athena, sekolah tingkat tinggi pertama di dunia barat. Ia adlh murid Socrates. Hal itu yg membuatkan jalan pikiran Plato pun banyak dipengaruhi oleh aliran Socrates. Plato adlh guru dari Aristoteles. Plato disebutkan meninggal ketika sedang menulis pd sekitar abad 347 SM.

Atlantis - Misteri Benua Yang Hilang

Dalam 2 buku karya Plato, Timaeus dan Critias, disebutkan tentang keberadaan Benua Ajaib ini. Dalam buku-buku tersebut Plato menyebutkan bahwa Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules, dan memiliki angkatan laut yg sangat kuat". Disebutkan bahwa Benua Atlantis hilang tenggelam ditelan lautan hanya dlm waktu 1 hari 1 malam.

Dikutip dari buku Timaeus :
Di hadapan Selat Mainstay Haigelisi, ada sebuah pulau yg sangat besar, dari sana kalian dpt pergi ke pulau lainnya, di depan pulau-pulau itu adlh seluruhnya daratan yg dikelilingi laut samudera, itu adlh kerajaan Atlantis. Ketika itu Atlantis baru akan melancarkan perang besar dgn Athena, tapi di luar dugaan, Atlantis tiba-tiba mengalami gempa bumi dan banjir, tak sampai sehari semalam, tenggelam sama sekali di dasar laut, negara besar yg melampaui peradaban tinggi, lenyap dlm semalam.

Atlantis - Misteri Benua Yang Hilang
Selain dari buku-buku Plato, tak ada catatan khusus mengenai benua Atlantis ini, yg membuat sebagian besar orang menganggap kisah Atlantis adlh kisah Fiksi / mitos belaka. Tapi ada beberapa catatan yg bisa disebutkan menyangkut tentang Atlantis. Diantaranya tulisan Proclus, salah satu sejarahwan kuno Yunani tentang kepergian Crantor (murid dari murid Plato, Xenocrates), berkelana ke Mesir dan menemukan prasasti berisikan sejarah Atlantis tertulis dlm huruf heroglif.

Catatan lebih modern datang pd abad ke-19, dimana beberapa sarjana Amerika, dimulai dari Charles Etienne Brasseur de Bourbourg, Edward Herbert Thompson dan Augustus Le Plongeon, menyatakan bahwa Atlantis berhubungan dgn peradaban Maya dan Aztek.

Beberapa sejarahwan modern yg mempercayai keberadaan Atlantis menyebutkan bahwa Pulau seperti Sardinia, Kreta dan Santorini, Sisilia, Siprus dan Malta; kota seperti Troya, Tartessos, dan Tantalus (di provinsi Manisa), Turki; dan Israel-Sinai / Kanaan bisa menjadi indikator keberadaan Atlantis. Letusan besar Gunung Thera pd abad ke-17 / ke-16 SM telah menimbulkan tsunami sangat besar yg diduga para ahli telah menghancurkan peradaban Minoa di sekitar pulau Kreta yg semakin meningkatkan kepercayaan bahwa bencana ni mungkin jg merupakan bencana yg menghancurkan Atlantis disaat yg bersamaan.

Keberadaan Atlantis yg mulai dipercaya kebenarannya membuat banyaknya spekulasi tentang lokasi sebenarnya atlantis ini, ada yg berpendapat bahwa Atlantis berlokasi di Eropa Utara, Kepulauan Canary, selat Gibraltar Antarktika, Indonesia, dibawah Segitiga Bermuda, dan Laut Karibia.

Entah mana yg benar. Apakah Atlantis benar-benar ada, ataukah Atlantis sekedar mitos dan kisah dongeng untk membuai anak ke alam mimpinya di saat malam-malam yg sepi. Semuanya kembali kepada sang pengusung kisah Benua Atlantis ni : Plato. (sumber dan rujukan : Wikipedia).

Baca jg artikel unik : Misteri Peta Rahasa Piri Reis.

0 Response to "[Miss Indonesia] Atlantis - Misteri Benua Yang Hilang"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *