This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Islam] Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri

Indonesia dikenal sebagai negara yg memiliki beragam menu makanan yg khas. Sebut saja rendang, nasi goreng / sate yg namanya sudah mendunia, dan menjadi menu favorit wisatawan saat datang ke Indonesia. Makanan khas ni begitu mudah ditemukan karena banyak dijual, mulai pedaganga kaki lima hingga di restoran-restoran ternama. Tidak heran jika kuliner ni menjadi ciri khas Indonesia dimata orang asing.

Tapi demikian, ternyata tak semua makanan yg populer ni asli berasal dari Indonesia. Beberapa diantaranya justru berasal dari luar negeri, tapi diolah dgn cita rasa lidah orang Indonesia. Akan tetapi di negara asalnya makanan-makanan ni justru tak sepopuler di Indonesia. Apa saja makanan tersebut?

1. Nasi Goreng

Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri Nasi goreng menjadi makanan yg melekat dgn lidah orang Indonesia. Tapi ternyata makanan berbahan dasar nasi ni berasal dari Negara Tiongkok. Konon nasi goreng sudah ada sejak 4000 Sebelum Masehi. Sejarahnya makanan ni tercipta karena kebiasaan masyarakat Tionghoa tak mau makan nasi sisa kemaren. Sehingga nasi sisa ni dimasak kembali agar bisa dihidangkan menjadi menu makanan. Kehadiran nasi goreng sendiri dibawa oleh orang-orang Tionghoa yg datang ke Indonesia.

Di Indonesia sendiri nasi goreng sering menjadi menu sarapan pagi / menu makan malam. Kini nasi goreng diolah dgn berbagai varian mulai dari nasi goreng seafood, rasa sosis, nasi goreng kambing dan masih banyak lagi. Nasi goreng Indonesia memang terkenal lezat bahkan pernah menempati urutan kedua makanan terenak di dunia setelah rendang.

2. Bakso

Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri
Ternyata bakso jg bukan merupakan makanan asli Indonesia. Makanan yg enak disantap ketika cuaca dingin ni rupanya berasal jg masih berasal dari Tiongkok. Penyebarannya jg dibawa oleh masyarakat Tionghoa yg datang ke Indonesia. Bakso berasal dari kata Bak-So, yg dlm Bahasa Hokkien yg berarti daging giling.

Tapi masyarakat Indonesia begitu melekat dgn makanan yg terbuat dari daging yg diolah menjadi bulat-bulat ini. Terlebih jika dimakan ketika hujan, maka rasa bakso akan semakin menambah selera makan. Selain dijual dgn gerobak / warung-warung pinggir jalan, bakso jg kini menjadi salah menu di restoran ternama. Bakso ditanah air memang memiliki cita rasa yg berbeda. Bahkan Presiden Amerika Serikat menanyakan bakso saat berkunjung ke Indonesia.

3. Mie

Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri
Menu makanan berbahan dasar mie jg banyak ditemukan di Indonesia. Anda tak akan kesulitan mendapatkan mie di Indonesia karena jumlah pedagang yg begitu banyak. Meski populer di Indonesia, ternyata makanan ni tak berasal dari Indonesia. Banyak negara yg mengkalim menjadi negara pertama yg menghasilkan Mie. Seperti Italia, Tiongkok, dan Arab yg mengaku sebagai negara penemu mie. Tapi sebuah tulisan tertua mengenai mie itu ternyata berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Jadi mungkin bisa dipastikan mie itu berasal dari Tiongkok.

4. Siomay

Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri
Makanan lain yg populer di Indonesia tapi berasal dari luar negeri adlh Siomay. Makanan sampingan yg terbuat dari tepung dan daging ni memang menjadi teman ketika sedang lapar. Di Indonesia sendiri, siomay dimodifikasi menjadi banyak varian seperti berisi ikan, daging kambing / pun sapi. Siomay jg didukung sama kol, kentang, tahu, telor, kacang, kecap, dan jeruk nipis. Tapi kalau kamu merasa siomay itu adlh makanan asli Indonesia, maka kamu salah, karena ternyata siomay itu ditemukan bangsa Mongolia.

5. Soto

Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri
Sepertinya dari sabang sampai merauke ada banyak soto. Hebatnya bentuk, cara penyajian, dan rasanya beda-beda. Ada soto Betawi, soto Padang, soto Makasar, soto Pekalongan, soto Madura, soto Medan, soto sop. Ya pokoknya banyak banget soto di Indonesia. Walaupun melekat banget sama Indonesia tapi konon ternyata soto itu berasal dari Tionghoa. Ada jg yg bilang soto adlh bentuk pembauran antara masakan Tionghoa, India, dan masakan lokal Indonesia.

Semoga informasi ni menambah pengetahuan baru bagi pembaca setia. Jika ada info terkait artikel di atas, maka silahkan meninggalkan pesan pd kolom di bawah ini. Terimakasih sudah membaca.

0 Response to "[Islam] Ternyata Makanan Khas Indonesia Ini Berasal Luar Negeri"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *