This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[BERITA ISLAM] Manfaat Puasa Ramadhan

TERKAIT : Artikel Ibadah Manfaat sebenarnya dari puasa Ramadhan adlh sesuatu yg berhubungan dgn kerohanian dan agama. Manfaat fisik jg besar dan tak dpt diabaikan. Beberapa manfaat dari puasa Ramadhan diantaranya adalah:

Puasa adlh disipilin agama yg sangat baik, yg melatih pikiran dan tubuh untk mengatasi kesulitan, marah, haus, lapar dll. Salah seorang sufi mengatakan bahwa rahasia hidup adlh berbicara sedikit, makan sedikit dan tidur sedikit. Dan semua disiplin tersebut kita jumpai dan kita lakukan selama bulan Ramadhan.

Puasa Ramadhan mendorong kita untk berdoa, sedekah dan perbuatan-perbuatan baik lainnya dan menahan diri dari kejahatan yg dari itu akan memberikan kekuatan satu sama lain untk mengatasi segala macam kejahatan. Kebaikan yg bersinergi itu akan membawa masyarakat yg damai, saling mengasihi dan sejahtera.

Manfaat Puasa RamadhanPuasa Ramadhan akan membantu kita dlm melepaskan semangat yg terlalu mengejar duniawi dan sebagai gantinya adlh peningkatan hubungan yg lebih dekat kepada Allah taala, sehingga akan meningkatkan keimanan seseorang. Aktivitas sehari-hari memang tak kita lepaskan semuanya, tetapi tak dpt dipungkiri bahwa Puasa Ramadhan menjadikan kita lebih intensif lagi dlm memperhatikan hubungan kita kepada Allah taala.

Penekanan yg besar pd pembacaan Alquran akan membuat seseorang lebih mengenal lagi bimbingan yg diturunkan Allah dlm Alquran. Untuk itu sebaiknya disamping membaca Alquran kita jg harus mengerti arti bahkan mengetahui maksud dari ayat-ayat yg ada.

Puasa jg mendorong meningkatnya rahmat Allah, kesabaran, ketabahan, kerendahan hati, kesederhanaan, pengorbanan - jika manunisa bisa mengorbankan makanan dan minum, maka dia jg akan bisa mengorbankan hidupnya untk Tuhan.

Manfaat dari segi kesehatan. Beberapa dokter telah mengembangkan sistem kesehatan melalui puasa. Dalam bukunya 'Preservation of Health' Dr. H.A. Morton Whitby. Seorang ahli bedah terkenal telah menunjukkan bawa kelebihan makanan dpt memiliki konsekuensi yg sangat mengerikan dan puasa dpt menjadi sumber kesehatan.

Bisa menyebuhkan kecanduan alkohol, obat-obatan, merokok yg semuanya berbahaya bagi kesehatan seseorang.

Puasa mengekang hawa nafsu seksual sehingga keinginan seksual tak disalahgunakan.
Sumber Rujukan: - Ramadhan and its Blessings

Ada manfaat lagi dari puasa? semoga rekan-rekan pembaca bisa menambahkan.

source : http://1artikelislam.blogspot.com, http://pinterest.com, http://tempo.co

0 Response to "[BERITA ISLAM] Manfaat Puasa Ramadhan"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *