This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[Kehamilan] 17 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami Cepat dan Mudah

Memutihkan kulit wajah secara alami adlh cara memutihkan kulit wajah dgn menggunakan bahan alami seperti buah-buahan, sayuran, ataupun tanaman herbal (Tradisional). Selain lebih murah, menggunakan bahan-bahan alami sebagai pemutih wajah jg lebih aman, jika dibandingkan dgn menggunakan produk kecantikan yg belum pasti cocok tidaknya dgn jenis dan kondisi kulit kita. Bahkan kita tak tahu dari bahan apa produk kosmetik tersebut dibuat. Apalagi jika produk kecantikan yg kita pakai itu adlh produk ilegal. Belakangan ini, marak sekali ditemukan produk kosmetik ilegal yg telah beredar dipasaran. Dengan diiming-imingi harga yg relatif murah dan dijanjikan efek pemutihan yg cepat, tak sedikit orang yg terpengaruh untk membeli dan memakainya, tanpa memikirkan bagaiamana akibatnya. Walaupun tak semua berbahaya, tapi kita tetap harus lebih selektif dlm memilih produk kecantikan.

17 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami Cepat dan Mudah


Penyebab Kulit Hitam dan Kusam
Secara umum, kulit wajah tak putih bisa disebabkan oleh 2 hal, yaitu :

  1. Faktor Genetik
    Faktor genetik yaitu faktor keturunan. Dengan kata lain, jenis kulit yg diturunkan oleh keluarga kita sendiri. Misalnya keluarga kita mempunyai kulit putih, besar kemungkinan kita jg berkulit putih. Jika penyebabnya adlh karena faktor genetik, maka akan sedikit sulit. Karena memang sudah dari sananya alias bawaan sejak lahir (maaf mimin tak bermaksud rasis, karena semua orang itu sama). Meskipun begitu, bukan berarti kita harus berputus asa. Selama masih bisa, kita harus tetap mencoba. Ganbate...!
  2. Pola hidup dan pola makan
    Penyebab yg kedua yaitu karena pola hidup dan pola makan kita yg tak teratur. Pola hidup yg tak teratur misalnya, jorok, jarang cuci muka apalagi mandi, sering begadang dsb. Sedangkan pola makan yg tak teratur misalnya, terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak dsb.

Sekarang, coba tanya diri kita masing-masing. Kira-kira, manakah penyebab kulit kita kurang putih? Apakah karena faktor keturunan? ataukah karena pola hidup dan pola makan kita yg tak teratur? Jika penyebabnya karena pola hidup dan pola makan yg tak teratur, kita hanya perlu membiasakan diri untk menjalani pola hidup yg lebih teratur. Jika sebelumnya jarang mandi, mulai sekarang cobalah untk lebih rajin. Jika sebelumnya sering tidur laur malam, mulai sekarang cobalah untk tidur dibawah jam 9 malam.

Mengapa harus menggunakan cara alami?
Untuk itu, sebaiknya kita menggunakan cara yg alami dlm memutihkan kulit. Walaupun efeknya tak secepat produk kecantikan yg harganya selangit, setidaknya lebih aman dari efek samping. Cocok digunakan oleh semua orang, baik deawasa, remaja / anak-anak sekalipun. Selain itu, bahan yg dibutuhkan dpt dgn mudah kita temui disekitar kita.
Melakukan perawatan kulit minimal dilakukan 2 kali dlm sehari, di pagi dan malam hari sebelum kita tidur. Salah satu caranya yaitu dgn rajin menjaga kebersihan kulit. Membasuh kulit muka di pagi hari dpt membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan kencang. Sedangkan perawatan kulit wajah pd malam hari bermanfaat untk membersihkan kulit dari kotoran, debu, sisa make-up dan bakteri. Dimana jika dibiarkan dpt menyebabkan penyumbatan pori-pori kulit, yg akhirnya dpt menghambat proses regenerasi kulit. Akibatnya kulit menjadi kusam dan rusak.
Tips memutihkan kulit dgn Menjalani Pola Hidup Sehat
Memiliki kulit wajah yg putih cerah dan bersinar merupakan impian bagi hampir tiap orang, terutama untk kaum perempuan. Ada beberapa cara yg dpt kita lakukan untk mendapatkan kulit wajah yg putih, diantaranya :
1. Jalani pola hidup dan pola makan yg sehat
Salah satu penyebab mengapa kulit hitam dan kusam adlh karena pola hidup kita sendiri yg kurang teratur. Mandi tak teratur, makan tak teratur, tidur tak teratur dsb. Jika ingin memiliki kulit putih dan sehat, mulai sekarang belajarlah untk menjalani pola hidup dan pola makan yg sehat dan teratur
2. Cukupi kebutuhan mineral dlm tubuh
Kurang minum bisa menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi dpt membuat kulit menjadi kering dan kusam. Untuk itu, kita harus mencukupi kebutuhan mineral dlm tubuh kita. Caranya dgn banyak mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas per hari. Walaupun terlihat sepele, memperbanyak minum air putih akan memberikan segudang manfaat untk tubuh kita. Seperti yg telah mimin jelaskan dlm artikel 9 Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan.
3. Menjaga Kebersihan Kulit Secara Teratur
Kulit anda kering dan kusam? Hal tersebut, bisa saja terjadi karena kita kurang pandai menjaga kebersihan kulit. Selepas beraktivitas sepanjang hari, minyak, debu, kotoran dan bakteri akan bercampur dan menempel pd permukaan kulit. Sehingga jika dibiarkan, akan menyumbat pori-pori kulit dan membengkak (menjadi jerawat). Maka dari itu, mulai dari sekarang kita harus belajar membiasakan diri untk lebih rajin dlm menjaga kebersihan kulit secara teratur terutama di pagi dan malam hari.
4. Hindari Asap Rokok
Asap rokok dpt membuat kulit menjadi rusak dan mempercepat proses pengkriputan. Jika anda seorang perokok, usahakan untk mengurangi / bahkan berhenti merokok. Karena selain dpt menyebabkan kerusakan pd kulit, rokok jg dpt memicu penyakit berat lainnya.
5. Hindari Stress
Apa hubungannya stres dgn kulit wajah? Eits, jangan salah stress jg dpt menyebabkan kerusakan pd kulit, salah satunya yaitu menimbulkan jerawat. Untuk itu, usahakan agar kita terhindar dari yg namanya stress. Cara yaitu dgn tak menunda-nunda pekerjaan, luangkan waktu untk sekedar refreshing. Untuk tips lainnya kamu bisa cek artikel tentang cara mengatasi stress.
Cara Alami Memutihkan Wajah dgn Cepat dan Mudah
Setelah kita belajar membiasakan diri untk menjalani pola hidup yg sehat, kita jg bisa mencoba cara tradisional untk memutihkan wajah dgn menggunakan bahan alami seperti buah-buahan, sayuran dan tanaman herbal.

6. Cara memutihkan kulit wajah dgn tomat
Kandungan vitamin C dan air dlm buah tomat dpt bermanfaat untk mencerahkan kulit. Selain itu tomat jg dpt menjaga kulit agar terhindar dari berbagai jenis kerusakan, seperti munculnya jerawat, kulit kusam dan kering. Karena tomat jg mampu mengcilkan pori-pori kulit. Sehingga kulit terlihat lebih halus.

Caranya :
  • Sediakan 1 buah tomat matang
  • Cuci dgn air hingga bersih
  • Belahlah buah tomat tersebut menjadi 2 bagian
  • Gosokan dgn pelan pd area kulit wajah anda
  • Diamkan selama 15-20 menit.
  • Bersihkan dgn air dingin.

7. Cara memutihkan kulit wajah dgn jeruk nipis
Hampir sama dgn tomat, jeruk nipis jg kaya akan vitamin C yg bermanfaat untk kecantikan. Vitamin C dpt menjaga kulit dari radikal bebas serta bermanfaat untk mengecilkan pori-pori kulit sehingga kulit terlihat lebih putih, halus dan kencang. Dalam penggunaannya, biasanya jeruk nipis diiris / dibelah menjadi dua bagian, kemudian dioleskan pd area kulit. Namun, sifat asam yg terkandung dlm jeruk nipis, terkadang dpt menyebabkan iritasi. Untuk itu kita perlu mencobanya pd sebagian kecil area kulit terlebih dahulu. Jika tak terjadi iritasi, berarti kita boleh meneruskannya. Tapi, jika terjadi iritasi, kita dpt mencampurkannya dgn bahan lain seperti madu.

Cara pemakaian :
  • Sediakan 1 - 2 buah jeruk nipis
  • Cuci dgn air
  • iris menjadi beberapa bagian
  • gosokan dgn pelan pd pemukaan kulit wajah anda
  • diamkan selama 30 menit
  • bersihkan dgn air hangat
  • lalu bilas kembali dgn air dingin

8. Cara alami memutihkan kulit wajah dgn buah alpukat
Buah alpukat mengandung vitamin A yg dpt bermanfaat untk membersihkan sel-sel kulit mati. Sedangkan asam amino glutamin, dpt melindungi kulit dari polusi, sinar matahari dan efek buruk lingkungan lainnya. Jadi, buah alpukat ni bisa digunakan sebagai pelembab kulit.

Caranya :
  • Bersihan wajah dgn air hangat
  • oleskan daging buah alpukat pd kulit wajah anda
  • diamkan selama kurang lebih 25 menit
  • bilas dgn air dingin.

9. Cara memutihkan kulit wajah dgn pisang dan madu
Bahan alami lainnya yg dpt digunakan untk perawatan kulit yaitu pisang dan madu. Pisang mengandung Vitamin B, B6, C, Magnesium, Kalsium, Fosfor dan Besi. Kandungan vitamin C dlm buah pisang bermanfaat untk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Selain itu buah pisang jg dpt digunakan untk menyembuhkan bekas luka.

Caranya :
  • Bersihkan wajah dgn air hangat
  • Sediakan 1 - 2 buah pisang matang
  • Buang cangkangnya,
  • Haluskan buah pisang tersebut dgn blender
  • Campurkan dgn 1 - 2 sendok madu
  • Jadikan masker wajah dgn cara mengoleskannya pd seluruh area wajah.
  • Diamkan selama 15 menit / hingga mengering
  • Bilas dgn air dingin


10. Cara memutihkan kulit wajah dgn putih telur
Sudah menjadi rahasia umum, dlm dunia kecantikan putih telur dpt digunakan untk perawatan kulit. Salah satunya yaitu untk memutihkan kulit dan membuat kulit tampak kencang. Selain itu, telur termasuk bahan alami yg paling mudah ditemukan.

Caranya :
  • Bersihkan kulit dgn air hangat
  • sediakan 1 butir telur (usahakan ayam kampung ya...)
  • pisahkan putih telur dari kuning telur
  • oleskan putih telur pd area kulit wajah
  • diamkan selama -+ 15-30 menit / hingga mengering
  • bersihkan dgn air dingin.


11. Cara memutihkan kulit wajah dgn yogurt dan madu
Menurut Hema Sundaram, MD. ahli dermatologi mengatakan bahwa "Pengelupasan lapisan atas kulit dpt membersihkan noda dan menyebabkan perubahan warna, bahkan dpt mengurangi kerutan-kerutan halus pd permukaan kulit". Nah, sedangkan yoghurt dpt membantu memperlancar peremajaan kuli lewat pengelupasan kulit.

Caranya :
  • Bersihkan wajah dgn air hangat
  • sediakan yoghurt secukupnya
  • campurkan dgn madu
  • oleskan pd kulit wajah
  • diamkan selama 15 menit
  • bersihkan dgn air dingin.


12. Cara memutihkan kulit wajah dgn air beras
Berat dpt bermanfaat untk membuat kulit tampak cerah. Karena dlm beras terkandung anti oksidant yg beranama asam ferulic dan allantoin yg bersifat anti imflamasi, dimana beras dpt melindungi kulit dari berbagai kerusakan kulit.

Caranya :
  • Sediakan wadah
  • Kemudian masukan 4 sdm beras ke dlm wadah tersebut
  • Camburkan dgn air dingin
  • kocok wadah yg berisi beras dan air tersebut hingga airnya berwarna putih seperti susu
  • Ambil kapas dan celupkan kedalam air beras tadi
  • Letakan kapas tadi pd seluruh permukaan kulit wajah
  • Diamkan selama 15 - 30 menit
  • Basuh dgn air dingin


13. Cara memutihkan wajah dgn lobak
Lobak dpt dgn mudah ditemukan, khususnya di Indonesia. Selama ni kita hanya mengenal lobak hanya untk dimakan saja. Padahal lobak jg bisa kita gunakan untk merawat dan menjaga kesehatan kulit. Bagaimana caranya? yaitu dgn menjadikannya sebagai masker alami. Cara yaitu dgn mencampurkan lobak dgn beberapa bahan alami seperti minyak zaitun dan jeruk lemon.

Caranya :
  • Ambil 1 batang lobak
  • Cuci dan kupas kulitnya
  • Haluskan dgn blender / diparut
  • Campurkan dgn 1-2 sdm minyak zaitun dan air perasan jeruk lemon
  • Oleskan pd bagian kulit wajah hingga merata
  • Diamkan selama 15 - 30 menit /sampai mengering
  • Basuh dgn air dingin hingga bersih.


14. Cara memutihkan wajah dgn bengkoang
Bengkoang dpt digunakan untk mencerahkan kulit, karena bengkoang banyak mengandung Vitamin C dan vitamin B1 yg berfungsi untk memutihkan kulit dan mencegah penuaan dini. Hal tersebut jg dpt dibuktikan dgn banyaknya produk kecantikan yg menjadikannya sebagai bahan utama.

Caranya :

  • Sediakan bengkoang
  • Kemudian cuci dgn air dan kupas cangkangnya
  • Setelah itu haluskan dgn parut ataupun blender
  • Bersihkan wajah dgn air hangat
  • Setelah itu, gunakan bengkoang yg sudah dihaluskan tadi sebagai masker
  • Biarkan selama 15-30 menit / mengering
  • Kemudian bersihkan lagi dgn air dingin.


15. Scrup Kopi dan Gula
Selain kulit gelap, masalah kulit lainnya yaitu kulit berminyak. Dalam kadar yg normal minyak berfungsi untk menjaga kelembapan kulit. Tapi jika kadarnya berlebih, justru sebaliknya, minyak dpt memicu masalah kulit lainnya seperti timbulnya jerawat. Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan scrup alami berbahan kopi bubuk dan gula. Kandungan kafein dlm kopi dpt membersihkan lemak pd kulit wajah. Sehingga kita dpt menggunakannya untk mengatasi kulit wajah yg berminyak.

Caranya :

  • Ambil kopi bubuk secukupnya
  • campurkan dgn 2 sendok teh gula dan air hangat secukupnya.
  • Diamkan beberapa saat, misal 15 menit
  • Selanjutnya balurkan pd kulit wajah
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dgn air dingin.

16. Scrup Jeruk Lemon
Masih soal kulit berminyak, scrup alami berbahan campuran dari air perasan lemon dan garam dpt kita jadikan sebagai solusi alternatif untk mengatasinya. Kandungan vitamin E pd lemon berfungsi untk menjaga kelembaban kulit dan menyeimbangkan kandungan mineral dlm kulit.

Caranya :

  • Peraslah 1 - 2 buah lemon matang
  • campurkan dgn sedikit garam
  • aplikasikan pd area kulit wajah dgn gerakan seperti memijat
  • diamkan selama 10 - 15 menit
  • bilas dgn air dingin.


17. Mencerahkan kulit wajah dgn Lidah Buaya
Lidah buaya / aloe vera sudah sejak dulu dipercaya dpt membuat kulit wajah menjadi putih dan cerah. Selain itu, jg bermanfaat untk mengatasi kulit berminyak dan dan kulit kering.

  • Untuk mengatasi kulit gelap dgn aloe vera, kita bisa mencampurkan aloe vera dgn sari lemon / air perasan lemon. lalu oleskan pd kulit, tunggu hingga 10 menit dan bilas dgn air dingin hingga benar-benar bersih.
  • Untuk Mengatasi kulit berminyak dgn lidah buaya, caranya cukup mudah yaitu rebuslah daun lidah buaya dan haluskan dgn blender hingga membentuk pasta. Kemudian campurkan dgn madu. Setelah itu jadikan sebagai masker dan diamkan selama 10 - 15 menit / hingga mengering. Terakhir, bilas dgn air hingga bersih.
  • Untuk mengatasi kulit kering dgn lidah buaya, kita bisa mencampurkannya dgn olive oil dan sea butter. Lalu oleskan pd kulit wajah, diamkan selama 15 menit. Kemudian bilas dgn air dingin hingga benar-benar bersih.

Penting!Teman-teman, tak harus menggunakan ke-17 cara diatas sekaligus, tapi pilihlah salah satu. Lalu lakukan tips diatas secara rutin dan teratur hingga kulit kamu benar-benar putih dan cerah. Itulah beberapa tips alternatif yg bisa kita lakukan untk memutihkan kulit wajah dgn menggunakan cara-cara tradisional. Dengan melakukan tips diatas, tak menjamin kulit kita langsung putih saat itu juga. Karena akan membutuhkan waktu dan proses. Semoga tulisan mimin kali ni dpt bermanfaat bagi sisapapun yg membaca. Salam cantik :*

source : http://ruangsehatku.blogspot.com, http://hipwee.com, http://kompas.com

0 Response to "[Kehamilan] 17 Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami Cepat dan Mudah"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *