This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

[KACER] CARA EFEKTIF DAN UNIK MENJINAKKAN BURUNG YANG SUSAH JINAK

Kicaukan - Jika anda memiliki burung kicau yg susah jinak / giras, pasti anda akan berusaha dgn segala cara agar burung cepat jinak. Tetapi bagaimana jika anda sudah mencoba berbagai cara untk menjinakkan burung, tapi belum jg berhasil? Tentu ada banyak faktor yg saling mempengaruhi. Bisa jadi karena faktor burung itu sendiri, / bisa jg karena metode yg anda gunakan tak tepat bagi burung kicau kesayangan anda. Nah pd kesempatan ni kami akan berbagi tips mengenai cara unik menjinakkan burung yg susah jinak. Cara ni mungkin tak populer dan jarang digunakan oleh kicau mania. Tetapi percayalah bahwa cara-cara ni cukup efektif untk menjinakkan burung kicau yg giras.
CARA EFEKTIF DAN UNIK MENJINAKKAN BURUNG YANG SUSAH JINAK
Salah satu penyebab burung susah jinak adlh karena burung tersebut hasil tangkapan hutan/masih sangat liar. Tentu dgn kondisi burung yg masih liar, membutuhkan waktu yg lebih lama daripada biasanya. Yang penting kita tak boleh putus asa dan menyerah, karena selalu ada jalan keluar bagi yg mau berusaha. Betul ga Sobat kicau? Hehehe. Masih ada cara-cara lain untk menjinakkan burung kicau liar yg bisa anda coba. Tetapi semua kembali pd kemantapan hati anda, dan kami tak memaksa. Simak artikel tentang cara unik menjinakkan burung yg sudah jinak berikut ni dgn saksama.
1. Full kerodong
Bagi Sobat kicau yg baru saja membeli burung dari pasar burung / burung hasil tangkapan hutan, ada cara tersendiri. Caranya dgn menempatkan/menggantang burung di tempat yg tenang dan jauh dari lalu lalang manusia. Saat digantang tersebut pastikan full kerodong agar burung merasa tenang untk mempercepat adaptasi dgn lingkungan baru. Langkah kedua, jangan langsung dimandikan sampai basah kuyup, karena akan semakin membuat burung menjadi stress.
2. Menggunakan betina sebagai media
Cara yg kedua ni terdengar cukup unik dan aneh. Tetapi tahukah anda bahwa burung kicau seperti hwamei mempunyai karakter yg giras dan susah dijinakkan. Nah, solusinya adlh dgn mendekatkan burung sejenis yg beda kelamin di dekat sangkar. Caranya, mandikan burung yg masih giras sampai basah kuyup. Setelah itu dekatkan burung betina/lawan jenis di dekatnya. Tapi ingat, gunakan burung betina yg sudah jinak. Cobalah memberikan pakan jangkrik pd betina dgn tangan kita. Usahakan burung yg belum jinak tersebut melihatnya agar ia merasa bahwa kita bukanlah ancaman baginya. Lakukan cara ni selama beberapa hari sampai ada kemajuan. Cara ni cukup efektif menjinakkan burung liar/giras.
3. Terapi mandi di tangan
Cara yg ketiga ni harus dilakukan oleh Sobat kicau yg sudah paham cara memegang burung yg benar. Bagi yg belum berpengalaman memegang burung kicau, harap meminta bantuan rekan kicau mania lainnya. Hehe. Ya karena jika salah memegang, bisa jadi justru burung akan sakit. Cara terapi mandi di tangan adlh siapkan baskom berisi air, kemudian burung dipegang dgn hati-hati. Celupkan sebagian/separuh tubuh burung ke dlm air dgn kepala di atas air. Usap pelan-pelan kepala burung sampai bawah dgn perlahan dan penuh perasaan. Lakukan cara ni beberapa hari secara rutin, maka hasilnya lebih efektif daripada mandi dgn semprot. Untuk burung seperti kacer, cucak hijau, mungkin akan stress dan kaget. Tetapi jika sudah dilakukan beberapa kali, maka burung akan merasa terbiasa. Tapi bagi burung berparuh bengkok seperti parkit dan lovebird, cara ni sangat efektif jika diterapkan. Jangan lupa berikan makanan kesukaannya setelah melakukan terapi mandi ini. Insyaallah burung akan mudah jinak bahkan jinak total.
4. Komunikasi
Burung punya telinga untk mendengar. Maka tak ada salahnya jika kita mengajak burung kita yg belum jinak untk berkomunikasi. Bisa dgn perintah, / dgn memberinya nama panggilan. Misalnya kita memberi nama burung kita dgn nama jacky. Atau saat kita hendak memberi pakan, kita ajak bicara dgn perlahan. Komunikasi bisa anda lakukan saat memberi pakan, mandi, / membersihkan sangkarnya. Jika sudah terbiasa maka si burung akan jinak dan lebih dekat dgn kita baik secara fisik maupun perasaan. Cara ni terlihat aneh, tapi banyak kicau mania di luar indonesia yg menggunakan cara ini, dan hasilnya pun sangat memuaskan.
Sobat kicau, demikian informasi yg dpt kami sampaikan tentang Cara Unik Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!
Sobat kicau, jika anda menilai artikel ni bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook / tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca jg artikel menarik berikut ni : PENYEBAB BURUNG KACER HANYA NGRIWIK DAN BANYAK DIAM

0 Response to "[KACER] CARA EFEKTIF DAN UNIK MENJINAKKAN BURUNG YANG SUSAH JINAK"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *