This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

3 Pohon Aneh dan Tertua di Dunia

Bristlecone Pine 4200 tahun
3 Pohon Aneh dan Tertua di Dunia

Pohon cemara / pine (pinus ) merupakan pohon dari family Pinaceae yg bisa kita temukan di mana saja dan kapan saja asalkan daerah itu tanahnya berpasir berkapur , banyak air ataupun yg mempunyai kadar keasaman cukup tinggi. Kita bisa menemukan pohon ni mulai dari Siberia, Skotlandia, Norwegia, kepulauan Canary, Filipina, pegunungan Himalaya sampe ke pelosok New Zealand, Brazil dan Chili.

Pohon ni memang tenar karena selain dpt hidup dimana-mana jg mempunyai daya jual yg sangat tinggi dlm industri perkayuan. Semua bagian pohon cemara bisa dimanfaatkan mulai dari kayu,getah , ranting,biji hingga daunnya mempunyai kegunaan yg bernilai ekonomi aliasnya pohon ni komersil banget
Pohon cemara adlh salah satu pohon yg berumur panjang karena bisa mencapai umur sekitar 100-1000 tahun dan bahkan mencatat rekor menjadi pohon tertua di dunia melalui cemara dari spesies Great Basin Bristlecone Pine ( Pinus longaeva ) yg di tahun 2008 ni berumur 4840 tahun!!! Pohon ni tingginya antara 3-80 meter tetapi rata-rata tingginya 15-45 meter. Pohon tertinggi dari spesies Sugar Pine sedangkan yg terpendek adlh cemara Potosi Pinyon dan Siberian Dwarf Pine

Jomon Sugi 2000-7000 tahun

3 Pohon Aneh dan Tertua di Duniamenurut wikipedia, Jomon sugi adlh pohon cemara tertua di Jepang ditemukan pd tahun 1968, dgn tinggi 25,3 meter dgn volume 300 m kubik diperkirakan usianya antara 2000 - 7200 tahun terletak di Pulau Yakushima bagian paling utara Jepang 40 menit dgn pesawat dari Bandar Udara Kagoshima.

Spruce Ione Norwegia 9550 tahun

3 Pohon Aneh dan Tertua di DuniaTingginya hanya 4 meter, tapi sebatang pohon sejenis cemara, yg masih hidup di Swedia, diketahui berusia 9.550 tahun. Hidup sejak akhir zaman es, pohon tersebut tercatat sebagai yg tertua di dunia saat ini.

Spesies pohon spruce Ione Norwegia ni ditemukan tahun 2004. para peneliti menemukannya di sekitar semak-semak pegunungan pd ketinggian 910 meter di Provinsi Dalarna, Swedia. Pohon ni tak langka karena penduduk sering menggunakan sebagai pohon Natal.

“Usianya yg sangat panjang kemungkinan besar dipicu emampuannya mengkloning diri sendiri,” ujar Leif Kullman, profesor eologi dan lingkungan hidup di Universitas Umea, Swedia. Batang dan rantingnya memang diketahui dpt bertahan hidup hingga 600 tahun. Kullman menjelaskan, saat batangnya mati, batang baru akan dibentuk dari akarnya sehingga umurnya menjadi sangat panjang.

Pohon ni lebih tua dari pinus Bristlecone di White Mountain California yg hanya berusia 5000 tahun. Pinus Bristlecone tertua hanya bertahan hidup hingga 7.500 tahun tapi tumbuh menjulang hingga 150 meter. Jika umur pinus Bristlecone diukur dari garis pohon di rantingnya yg dipantau tiap tahun, umur cemara di Swedia diukur dari jejak radiokarbon di akarnya.

Kullman menyatakan pohon yg usianya lebih tua dari 9.550 tahun bisa dikatakan mustahil. Sebab, seluruh wilayah Swedia kemungkinan masih diliputi es saat itu.sumber

source : http://liputan6.com, http://detikaneh.blogspot.com, http://detik.com

0 Response to "3 Pohon Aneh dan Tertua di Dunia"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *