This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

LANGAKAH/CARA MEMBUAT SURAT RESMI 45467

Langakah/Cara Membuat SURAT RESMI
Cara Membuat Surat Resmi - Membuat surat itu tak gampang bahkan untk surat pribadi sekalipun apalagi surat resmi kita harus tahu aturannya dan langkah-langkah dlm menyusunnya. Semua orang tahu surat tetapi tak semua orang tahu bagaimana cara membuat surat yg benar. Untuk alasan itulah penulis akan menuturkan beberapa informasi penting berkaitan dgn hal tersebut.

Mulai dari ketika masih kecil, kita sudah mengenal yg namanya surat, yaitu saat kita membuat surat cinta pd masa-masa puber dulu. Lanjut ke beberapa jenjang pendidikan kita pun diajarkan mengenai materi surat-menyurat di sekolah khususnya pd mata pelajaran bahasa Indonesia. Bahkan sampai perguruan tinggi dan lulus kita masih belajar juga.

Tapi pd kenyataanya, saat berada di dunia kerja dimana kita dituntut untk bisa mengaplikasikan semua ilmu yg didapat, kita cenderung lupa, bingung bahkan tak tahu bagaimana membuat surat resmi yg baik. Karena itulah, mengingat pentingnya masalah ni sudah banyak sekali literatur yg memberikan bahan dan referensi bagi kita yg membutuhkan panduan dlm menyusun surat tersebut.

Karena website ni bertema tentang surat maka tak heran jika ada pembahasan mengenai Cara Membuat Surat Resmi yg disertai contohnya sekaligus. Jika anda sampai disini dgn alasan tersebut yaitu untk belajar surat maka anda bisa mendapatkan semua yg anda butuhkan dgn membaca berbagai artikel yg ada.
Pengertian dan Contoh Surat Resmi
Sebelum lebih jauh berbicara mengenai penyusunan akan lebih baik jika kita ingat lagi apa definisi surat resmi. Jika anda lupa, surat resmi adlh surat yg dibuat oleh suatu organisasi, lembaga, / instansi tertentu dan ditujukan untk organisasi, lembaga maupun instansi tertentu lainnya serta keberadaan organisasi, lembaga dan instansi tersebut telah sah di mata hukum.

Tidak seperti surat tak resmi, surat ni memiliki ciri khusus pd masing-masing bagian yg ada. Bagian-bagian tersebut jg merupakan syarat sebuah surat bisa dikatakan menjadi surat resmi. Lalu apa saja bagian surat resmi, berikut Bagian-bagian Surat Resmi tersebut.
1. Kop ( Kepala Surat )
2. Nomor, Perihal dan tanggal
3. Alamat Surat
4. Salam Pembuka
5. Isi surat
6. Penutup
7. Identitas Pengirim

Dengan adanya bagian-bagian di atas tentu saja kita akan lebih mudah dlm membedakan surat resmi dgn surat tak resmi / pribadi. Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi yaitu:
a. Terdapat Kop ( Kepala Surat )
b. Terikat pd penggunaan bahasa yg baku

Langakah/Cara Membuat SURAT RESMI
Untuk sekedar gambaran mengenai hal-hal yg telah dijelaskan di atas ada baiknya anda melihat dan mempelajari beberapa contoh surat resmi yg sudah disiapkan di bawah ini. Contoh surat resmi tersebut yaitu sebagai berikut:
1. Contoh surat lamaran
2. Contoh surat keterangan
3. Contoh surat kuasa
4. cara membuat surat resmi yg benar 5. tata cara penulisan surat resmi 6. cara membuat surat resmi di microsoft word 2007 7. cara menulis surat formal 8. contoh format surat resmi 9. cara membuat surat resmi bahasa inggris 10. cara membuat surat resmi di microsoft word 11. lowongan cara membuat surat resmi dgn komputer

Panduan Cara Membuat Surat Resmi Bagaimanakah langkah membuat surat resmi? Dalam menyusun surat ni tentu kita harus berpedoman pd aturan-aturan yg berlaku secara resmi. Untuk itu kita harus berpedoman pd masing-masing bagian surat yg telah disebutkan di atas. Setiap bagian harus memenuhi standar dan aturan masing-masing bagian tersebut.

Standar, aturan pd bagian-bagian surat yg kita tulis harus memenuhi unsur-unsur yg telah ditetapkan baik itu dari segi tujuan, isi, bentuk penulisan dan jg unsur kebahasaan. Jika anda masih belum yakin bagaimana menyusunnya, cara membuat surat resmi yaitu dgn mengikuti segala aturan pd bagian surat resmi. Untuk mempermudah dlm membuat surat resmi yg baik dan benar, saya akan membahas masing-masing fungsi yg terdapat dlm bagian-bagian surat resmi, penjelasan lengkapnya bisa anda baca sebagai berikut.
Kepala Surat
Berfungsi untk mempermudah penerima surat mengetahui nama dan alamat pengirim. Selain itu jg berfungsi untk menunjukkan keresmian sebuah surat. Kepala surat (kop surat) berisi berbagai informasi penting dari si pengirim yaitu:
1. Nama
2. Alamat lengkap
3. Nomor kontak

Informasi-informasi tersebut disusun sedemikian rupa sehingga memenuhi standar baku yg diakui. Untuk penjelasan lebih rinci beserta contohnya anda bisa membaca artikel contoh kop surat resmi.
Nomor, Perihal dan Tanggal
Nomor surat - digunakan untk mengetahui urutan surat yg telah dikeluarkan, kode surat merupakan klasifikasi masalah yg disampaikan, Tahun digunakan untk mengetahui tahun pembuatan surat. Perihal - Berfungsi untk mengetahui isi pokok masalah, tanpa harus membaca keseluruhan isi surat.

Tanggal - Untuk mengetahui kapan surat tersebut dikirim bukan dibuat, selain itu jg sebagai petunjuk dlm pengarsipan surat. Jika anda memerlukan informasi lebih jauh mengenai bagian surat ni anda bisa membaca artikel tentang contoh nomor, perihal dan tanggal surat.

Alamat
Alamat surat terdiri dari dua macam, yaitu alamat dlm yg ditulis pd kertas surat dan alamat surat yg ditulis pd sampul surat. Adapun fungsi alamat surat antara lain :
a. Sebagai alamat petunjuk langsung bagi penerima surat
b. Petunjuk arsip dlm menyimpan surat
c. Mempermudah petugas pos
d. Sebagai alamat luar jika menggunakan sampul berjeda
Salam Pembuka
Digunakan sebagai kesatuan berbahasa secara tertulis.
Isi Surat
Dalam membuat isi surat resmi, penggunaan bahasa sangat perlu diperhatikan agar mendapat simpati dari penerima surat. Adapun ketentuan penulisan sbb:
a. Jelas, singkat dan padat
b. Mengikuti tata bahasa yg berlaku dgn memperhatikan ejaan dan tanda baca
c. Menggunakan gaya bahasa yg santun, luwes, lugas dan menarik
Penutup
Salam penutup dpt digunakan untk menunjukkan rasa hormat dan keakraban.
Langakah/Cara Membuat SURAT RESMI
Dengan adanya Panduan Langkah Cara Membuat Surat Resmi ni diharapkan anda tak akan bingung lagi dlm menyusun berbagai surat yg dibutuhkan. Setelah mengetahui berbagai aturan isi dlm sebuah surat resmi sekarang anda tinggal belajar dan menerapkan tata penulisan (Format) surat resmi yg digunakan sebagai standar baku penulisan.

Jika anda masih bingung anda bisa langsung mempelajari berbagai contoh yg sudah disiapkan di bagian atas, / anda bisa mencari contoh surat yg dikehendaki di bagian akhir tulisan ini. Itu saja, semoga artikel Cara Membuat Surat Resmi ni bisa bermanfaat bagi semua.

source : http://iwansugiyo1.blogspot.com, http://pinterest.com, http://tribunnews.com

0 Response to "LANGAKAH/CARA MEMBUAT SURAT RESMI 45467"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *