This site uses cookies from Google to deliver its services, to personalize ads and to analyze traffic. Information about your use of this site is shared with Google. By using this site, you agree to its use of cookies. Learn More

Cara Mengiris Bawang Tak Mengeluarkan Air Mata - Misteri

Cara Mengiris Bawang Tak Mengeluarkan Air Mata
2ndgirls.blogspot.com - Tatamor.Com - Mata perih hingga membuat menangis saat sedang mengiris bawang adlh hal yg biasa terjadi. Tapi, sebenarnya ada beberapa cara yg bisa kita lakukan agar tak menangis saat mengiris bawang.

Makanan tanpa bawang rasanya kurang nikmat. Namun, mengiris bawang untk memasak makanan favorit kadang terasa menyiksa. Mata perih, air mata pun bercucuran, akibat uap senyawa sulfur dlm bawang. Bagimana caranya agar tak menangis saat mengiris bawang?

1. Masukkan dlm freezer/ rendam dlm air es

Memasukan bawang ke dlm freezer selama 10-20 menit sebelum memotongnya, / merendam bawang dlm air es, dpt menurunkan kadar senyawa sulfur yg ada pd bawang.

2. Jangan memotong akarnya

Akar bawang mempunyai konsentrasi senyawa sulfur paling tinggi, sehingga akan menyebabkan mata jadi perih apabila dipotong. Karena itu, potong bawang secara dadu seperti chef, agar tak mengenai akarnya.

3. Nyalakan lilin

Nyalakan lilin / mengirislah di dekat kompor yg menyala. Panas dpt menjauhkan uap senyawa sulfur dari mata kita, sehingga rasa perih yg membuat kita sampai menangis saat mengiris bawang tak akan terjadi.

4. Letakkan garam di dekat kita

Meletakkan garam di dekat kita saat sedang memotong bawang jg bisa jadi cara mudah agar tak menangis. Kok, garam? Ya, sebab garam bisa menjadi penetral uap senyawa sulfur sebelum mengenai mata kita.

5. Semprot talenan dgn air cuka

Buat campuran air dan cuka dgn perbandingan 1:1. Masukkan ke dlm botol semprotan, lalu kocok-kocok hingga air dan cuka bercampur. Semprotkan campuran air dan cuka ke permukaan talenan, sebelum mulai mengiris bawang. Campuran air dan cuka ni akan mengikat senyawa sulfur. Tapi, jangan terlalu banyak menyemprotkannya, karena cuka bisa memengaruhi rasa bawang .

6. Basahi tangan

Basahi tangan dgn air sebelum mulai mengiris bawang akan menyebabkan senyawa sulfur tak langsung menguap dan membuat perih mata.

7. Kunyah permen karet

Mengunyah permen karet ketika sedang mengiris bawang akan meminimalisir air mata yg keluar. Sebab, otot wajah terutama di sekitar area mata, akan jadi teralihkan karena gerakan mengunyah permen karet.

8. Jaga arah mata angin

Hindari angin yg mengarah ke tubuh (mata) kita pd saat mengiris bawang, agar uap senyawa sulfur yg memicu air mata terbang kearah yg berlawanan.

9. Tusuk ujung pisau dgn bawang merah

Tusukkan satu siung bawang merah utuh pd ujung pisau yg kita gunakan untk mengiris bawang. Biarkan bawang utuh itu tetap di ujung pisau, hingga kita selesai mengiris. Tujuannya supaya uap senyawa sulfur yg keluar dari bawang yg kita iris, diserap kembali oleh bawang yg ada di ujung pisau.

10. Gunakan alat pengiris bawang

Tips terakhir agar tak menangis saat mengiris bawang adlh dgn menggunakan food processor / pengiris bawang. Dijamin, urusan mengiris bawang akan beres dlm sekejap, dan mata aman.

other source : http://dailymotion.com, http://tatamor.com, http://liputan6.com

0 Response to "Cara Mengiris Bawang Tak Mengeluarkan Air Mata - Misteri"

Post a Comment

Contact

Name

Email *

Message *